Daftar Isi:
  • Bahasa Arab merupakan salah satu mata pelajaran bahasa yang dipelajari di Indonesia. Pada dasarnya bahasa Arab memiliki peranan yang sangat penting. Di Indonesia bahasa Arab bukan hanya dipelajari sebagai bahasa agama, akan tetapi bahasa Arab juga dipelajari untuk memahami atau menafsirkan ayat al qur’an dan hadits serta teks-teks bahasa Arab atau literatur-literatur yang berbahasa Arab. Di MTs Ribatul Muta’allimin Pekalongan ini agar siswa dapat lebih mudah memahami teks-teks bahasa Arab yang mereka pelajari, sekolah menekankan pembelajaran bahasa Arab pada hafalan kosakata dan materi tata bahasa yang siswa butuhkan. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah Bagaimana penguasaan kosakata dan tata bahasa Arab di MTs Ribatul Muta’allimin Pekalongan? Bagaimana kemampuan siswa dalam memahami teks bahasa Arab di MTs Ribatul Muta’allimin Pekalongan? Bagaimana pengaruh penguasaan kosakata dan tata bahasa terhadap kemampuan memahami teks bahasa Arab di MTs Ribatul Muta’allimin Pekalongan?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penguasaan kosakata dan tata bahasa Arab di MTs Ribatul Muta’allimin Pekalongan, untuk mengetahui kemampuan memahami teks bahasa Arab di MTs Ribatul Muta’allimin Pekalongan, untuk mengetahui pengaruh penguasaan kosakata dan tata bahasa terhadap kemampuan memahami teks bahasa Arab di MTs Ribatul Muta’allimin Pekalongan. Kegunaan penelitian adalah memberikan sumbangan pemikiran bagi tenaga pengajar dalam pembelajaran bahasa Arab khususnya dalam mengembangkan pengetahuan tentang Kosakata dan Tata Bahasa Arab dalam memahami teks. Adapun jenis penelitian dari penulisan skripsi ini adalah penelitian lapangan. Dimana, penelitian yang digunakan adalah kancah kehidupan yang sebenarnya. Penelitian lapangan memiliki maksud untuk memecahkan masalah-masalah praktisdalam kehidupan sehari-hari melalui kegiatan penelitian yang dilakukan di lapangan tersebut. Metode pengumpulan datanya dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian ini adalah ada pengaruh yang signifikan antara penguasaan kosakata dan tata bahasa terhadap kemampuan memahami teks bahasa Arab di MTs Ribatul Muta’allimin Pekalongan. Setelah dilakukan penelitian diperoleh bahwa Ftest sebesar 33,35414. Penulis menguji hasil penelitian tersebut pada taraf kesalahan 5%, dengan Ftabel sebesar 3,32. Berarti Ftest > Ftabel, maka Ho ditolak, dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi positif yang signifikan antara penguasaan kosakata dan tata bahasa terhadap kemampuan memahami teks bahasa Arab di MTs Ribatul Muta’allimin Pekalongan. Dengan demikian hipotesis yang penulis ajukan (Bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penguasaan kosakata dan tata bahasa terhadap kemampuan memahami teks bahasa Arab di MTs Ribatul Muta’allimin Pekalongan) dapat diterima kebenarannya.