Daftar Isi:
  • Hasil belajar merupakan nilai yang dicapai seseorang ketika mengerjakan tugas atau kegiatan tertentu. Hasil belajar siswa di pengaruhi oleh berbagai faktor seperti lingkungan belajar. Dengan lingkungan belajar yang baik, diharapkan berdampak baik pula untuk prestasi belajar siswa. Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimanakah lingkungan belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Subah Kabupaten Batang tahun pelajaran 2013/2014? (2) Bagaimanakah hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Subah Kabupaten Batang tahun pelajaran 2013/2014? (3) Bagaimanakah pengaruh lingkungan belajar di sekolah terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Subah Kabupaten Batang tahun pelajaran 2013/2014?. Dari rumusan masalah maka penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui bagaimana lingkungan belajar di sekolah siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Subah Kabupaten Batang tahun pelajaran 2013/2014. (2) Untuk mengetahui bagaimana hasil beajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran PAI yang ada di SMP Negeri 1 Subah Kabupaten Batang tahun pelajaran 2013/2014. (3) Untuk mengetahui pengaruh lingkungan belajar di sekolah terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Subah Kabupaten Batang tahun pelajaran 2013/2014. Sehingga secara praktis kegunaan penelitian ini di harapkan dapat menjadi solusi dan sumber inspirasi bagi pelaksana dan pemerhati pendidikan atau pihak yang berwenang dalam mengambil suatu kebijakan dalam menyelesaikan problem pendidikan, khususnya di SMP Negeri 1 Subah Kabupaten Batang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field reseach), populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Subah Kabupaten Batang tahun ajaran 2013/2014 sebanyak 213 siswa. Pengambilan sampel yang berjumlah 43 siswa dilakukan dengan cara teknik random sampling. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari lingkungan belajar sebagai variabel bebas dan hasil belajar sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, dukumentasi dan observasi. Hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif kemudian dianalisis dengan menggunakan uji hipotesis. Berdasarkan analisis deskriptif bahwa lingkungan belajar termasuk dalam kategori cukup baik sedangkan untuk hasil belajar termasuk dalam kategori cukup baik. Hasil analisis uji hipotesis taraf signifkan 5% dan 1% dengan N = 43. Pada taraf signifikan 5% didapat rtabel = 0,301dan pada taraf signifikan 1% didapat rtabel = 0,389. dengan demikian