IMPLEMENTASI METODE BERCERITA UNTUK MENGAAKTIFKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK DIDIK DI RA MASYITHOH SIDOREJO WARUNGASEM BATANG KELAS B1 SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Daftar Isi:
- Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah kurang aktifnya anak didik di RA Masyithoh Sidorejo Warungasem Batang terutama kelas B1 dalam bidang bahasa. Itu disebabkan karena kurangnya motivasi, metode belajar yang digunakan kurang bervariasi dan kurang fokusnya guru terhadap perkembangan bahasa anak. Sehingga kemampuan bahasa anak didik sangat minim dan tidak sesuai dengan tahap perekembangannya. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) bagaimana implementasi metode bercerita di RA Masyithoh Sidorejo Warungasem Batang? (2) bagaimana kemampuan bahasa anak didik di RA Masyithoh Sidorejo Warungasem Batang? Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui bagaimana implementasi metode bercerita di RA Masyithoh Sidorejo Warungasem Batang (2) Untuk mengetahui bagaimana kemampuan bahasa anak didik di RA Masyithoh Sidorejo Warungasem Batang. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun sumber data yang digunakan adalah anak didik kelas B1 yang berjumlah 19 anak dan guru RA Masyithoh Sidorejo Warungasem Batang. Sedangkan dalam pengumpulan data penulis menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam menganalisis data, penulis menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif presentatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode berecerita, kemampuan bahasa anak didik meningkat dan lebih aktif dari sebelumnya. Terlebih keterampilan bahasanya dalam aspek mendengar yang sebelumnya 52% meningkat menjadi 79%, pada aspek berbicara yang sebelumnya 56% meningkat menjadi 82%, pada aspek membaca yang sebelumnya 55% meningkat menjadi 77% , dan pada aspek menulis yang sebelumnya 56% meningkat menjadi 74%. Dari hasil analisis data yang dilakukan maka disimpulkan bahwa penerapan metode bercerita dapat mengaktifkan kemampuan bahasa anak didik di RA Masyithoh Sidorejo Warungasem Batang. Disamping itu juga disarankan agar pembelajaran yang dilakukan menggunakan model dan metode yang bervariasi sesuai dengan situasi kelas.