Daftar Isi:
  • Pondok Pesantren Modern Al-Qur’an Buaran merupakan Pondok Pesantren khusus tahfidz Qur’an yang berada di kota Pekalongan yang orientasi utama pendidikan adalah dapat menghafal Al-Qur’an secara lengkap 30 juz dengan fasih, benar, tepat dan lancar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakan kedisiplinan santri dalam belajaran Al-Qur’an di Pondok Pesantren Modern Al-Qur’an Buaran Pekalongan?..tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kedisiplinan santri dalam belajar Al-Qur’an di Pondok Pesantren Modern Al-Qur’an Buaran Pekalongan. Kegunaan penelitian ini adalah penelitian ini diharapkan dapat menambah wawasan dan khasanah keilmuan terutama dalam ilmu pendidikan dan pengajaran pembelajaran Al-Qur’an. Dari rumusan masalah tersebut, maka peneliti mengambil inisiatif menggunakan metode penelitian lapangan (field research) dengan teknik analisis deskriptif analisis. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implikasi kedisiplinan santri dalam belajar Al-Qur’an dan penguasaan membaca Al-Qur’an di Pondok Pesantren Modern Al-Qur’an Buaran Pekalongan, meliputi : 1) Dari aspek guru/ ustadz, para ustadz di PP Modern Al-Qur’an Buaran telah menajalankan fungsinya sebagai guru, yaitu melakukan transfer of knowledge, transfer of volues dan yang lebih penting adalah mampu memberikan tauladan untuk belajar menjadi orang yang disiplin. 2) Dari aspek metode, metode pembelajaran yang digunakan diantaranya metode Qiro’ati, metode ini ditujukan kepada santri-santri baru. 3) Dari segi Peserta didik/ santri, mereka memliki kasadaran dan kedisiplinan untuk menuntut ilmu, dari kesadaran dan kedisiplinan tersebut menjadikan mereka bersemangat dalam menjalani proses belajar mengajar, dan bukan karena motif ijazah oriented. 4) Dari aspek materi, dengan materi pembelajarannya ilmu-ilmu agama yang merujuk pada kitab-kitab karangan ulama salaf (kitab kuning).