Daftar Isi:
  • Pondok pesantren sebagai salah satu lembaga pendidikan, untuk dapat menjalankan proses pembelajarannya dengan baik diperlukan konsep manajemen pendidikan Islam ala pondok pesantren. Masa depan pesantren sangat ditentukan oleh faktor manajerial. Pesantren kecil akan berkembang secara signifikan manakala di kelola secara profesional. Dengan pengelolaan yang sama, pesantren yang sudah besar akan bertambah besar. Sebaliknya, pesantren yang maju akan mengalami kemunduran manakala manajemenya tidak terurus dengan baik. Jika mengabaikan manajemen, pesantren yang kecil akan gulung tikar dalam menghadapi tantangan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana perencanaan pembinaan santri di Pondok Pesantren Mamba’ul Huda Pajomblangan Kedungwuni Pekalongan? Bagaimana pengorganisasian pembinaan santri di Pondok Pesantren Mamba’ul Huda Pajomblangan Kedungwuni Pekalongan? Bagaimana pelaksanaan pembinaan santri di Pondok Pesantren Mamba’ul Huda Pajomblangan Kedungwuni Pekalongan? Bagaimana pengawasan pembinaan santri di Pondok Pesantren Mamba’ul Huda Pajomblangan Kedungwuni Pekalongan?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan pembinaan santri di Pondok Pesantren Mamba’ul Huda Pajomblangan Kedungwuni Pekalongan. Kegunaan secara praktis untuk meningkatkan kualitas manajemen pendidikan pondok pesantren khususnya tentang manajemen pembinaan santri pondok pesantren yang baik dan efektif. Jenis penelitian ini adalah studi lapangan (field research). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini observasi, interview dan dokumentasi. Adapun dalam menganalisis data peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif Hasil penelitian menunjukkan: Pertama, Perencanaan pembinaan santri di Pondok Pesantren Mamba’ul Huda Pajomblangan Kedungwuni Pekalongan dilakukan dengan cara membuat jadwal kegiatan hari jum’at, jadwal kegiatan setiap hari santri, jadwal pengajian santri, juga membuat peraturan yang berkaitan dengan tata tertib pondok pesantren dan larangan-larangan yang harus dihindari oleh santri. Kedua, Pengorganisasian pembinaan santri di Pondok Pesantren Mamba’ul Huda dilakukan dengan cara membentuk jadwal piket baik piket muadzin maupun piket musholla. Ketiga, Pelaksanaan pembinaan santri di Pondok Pesantren Mamba’ul Huda, meliputi: Pembiasaan perilaku yang baik dari segenap pengurus dan tenaga pendidik, Program Kebersihan di lingkungan sekitar Pondok Pesantren dengan sistem gotong royong, Pembiasaaan pengucapan kalimat dzikir, Pembiasaan Shalat Berjama’ah, Melakukan Peringatan Hari Besar Islam. Keempat, Pengawasan pembinaan santri dilakukan oleh segenap pengasuh dan tenaga pendidik. Selain itu pengawasan pembinaan santri di Pondok Pesantren Mamba’ul Huda juga dibantu oleh para santri itu sendiri, dengan cara menjaga dan mengawasi temannya.