METODE PEMBELAJARAN PERMAINAN EDUKATIF ALPHABET PUZZLE DALAM MENGENALKAN HURUF PADA ANAK USIA DINI (Studi di Play Group Ibnu Kholdun Puri Kedungwuni Pekalongan)

Main Author: Wahyuningsih, Indah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://elc.stain-pekalongan.ac.id/699/1/cover%20depan%20232107321%20indah%20wahyuninngsih.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/699/2/isi%20skripsi%20232107321%20indah%20wahyuninngsih.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/699/
http://perpustakaan.stain-pekalongan.ac.id/
Daftar Isi:
  • Pendidikan anak usia dini memberikan kemungkinan kepada peserta didiknya untuk mengembangkan dan memupuk kemampuan dasar yang diperlukan. Dalam hal ini usia play group hanya diperuntukkan untuk bermain, akan tetapi karena tuntutan zaman anak keluar taman kanak-kanak harus sudah bisa membaca, maka dianjurkan bahwa anak di usia play group sudah ada pengenalan huruf melalui permainan dan ketika di taman kanak-kanak anak sudah bisa belajar membaca. Dengan itu metode pembelajaran khususnya untuk anak-anak yaitu dengan metode pembelajaran permaianan edukatif. Dengan melihat uraian di atas, maka peneliti berminat untuk meneliti metode pembelajaran permainan edukatif alphabet puzzle di Play Group Ibnu Kholdun Puri Kedungwuni Pekalongan, penerapan metode pembelajaran permainan edukatif alphabet puzzle dalam mengenalkan huruf pada anak usia dini di Play Group Ibnu Kholdun Puri Kedungwuni Pekalongan. Adapun Play Group Ibnu Kholdun merupakan lembaga pendidikan anak usia dini yang menerapkan permainan edukatif sebagai metode pembelajaran yang mana permainan ini mempunyai pengaruh yang sangat besar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana metode pembelajaran permainan edukatif alphabet puzzle bagi anak usia dini dan bagaimana penerapan metode pembelajaran permainan edukatif alphabet puzzle dalam mengenalkan huruf pada anak usia dini di Play Group Ibnu Kholdun. Serta kegunaan dari penelitian ini untuk menambah dan memperkaya khasanah keilmuan dalam dunia pendidikan khususnya pendidikan anak usia dini dan untuk memenuhi tugas dan melengkapi syarat guna memperoleh gelar sarjana Strata Satu (S.1) dalam Ilmu Tarbiyah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Setelah dilakukan penelitian di lapangan, didapat hasil berupa metode pembelajaran permainan edukatif alphabet puzzle adalah metode yang tepat dalam mengenalkan huruf pada anak usia dini dan bersifat relatif artinya dalam penggunaan metode juga bervariasi dengan metode selain metode bermain seperti metode menulis dan menggambar serta metode latihan. Pengenalan huruf terhadap anak didiknya terlaksana dengan baik dan mencapai tujuan yang diinginkan.