ctrlnum 679
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/679/</relation><title>RESPON MASYARAKAT DESA KARANGSARI KECAMATAN BOJONG KABUPATEN PEKALONGAN TERHADAP PENDIDIKAN WAJIB BELAJAR SEMBILAN TAHUN</title><creator>Listiyono, Muhammad</creator><subject>130101 Continuing and Community Education</subject><subject>130307 Ethnic Education</subject><description>Desa Karangsari Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan adalah salah satu desa yang berada di Kecamatan Bojong dengan karakteristik masyarakatnya adalah masyarakat asli desa tersebut artinya sedikit orang pendatang yang bermukim di desa tersebut. Hal ini menyebabkan tingkat ekonomi masyarakat Desa Karangsari kurang berkembang sehingga mayoritas masyarakat Desa Karangsari hidup dalam kekurangan, ditambah lagi mayoritas masyarkaat Desa Karangsari bermata pencaharian sebagai buruh tani. Hal ini menimbulkan respon bahwa lebih baik bekerja dari pada menuntut ilmu yang tinggi, karena dengan bekerja maka kebutuhan hidup mereka akan tercukupi bila dibandingkan harus mengeluarkan uang untuk bersekolah.&#xD; Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana respon masyarakat Desa Karangsari Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan terhadap pendidikan wajib belajar sembilan tahun? (2) Faktor apa saja yang mempengaruhi respon masyarakat Desa Karangsari Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan terhadap pendidikan wajib belajar sembilan tahun?. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui respon masyarakat Desa Karangsari Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan terhadap pendidikan wajib belajar sembilan tahun dan untuk mengetahui faktor apa yang mempengaruhi respon masyarakat Desa Karangsari Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan terhadap pendidikan wajib belajar sembilan tahun. Kegunaan penelitian dapat memberikan pengetahuan yang luas kepada masyarakat Desa Karangsari Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan tentang arti pentingnya pendidikan bagi anak-anak mereka.&#xD; Jenis penelitian ini adalah studi lapangan (field research). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini observasi, interview dan dokumentasi. Adapun dalam menganalisis data peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif&#xD; Hasil penelitian menunjukkan: Pertama, Respon masyarakat Desa Karangsari Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan terhadap pendidikan wajib belajar sembilan tahun ada 2 (dua) yakni: pertama, respon positif dari masyarakat Desa Karangsari Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan terhadap pendidikan wajib belajar sembilan tahun yang menganggap pendidikan pada anak adalah penting. Kedua, respon negatif dari masyarakat Desa Karangsari Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan terhadap pendidikan wajib belajar sembilan tahun yang menganggap pendidikan pada anak tidak begitu penting dan lebih mengutamakan untuk bekerja. Kedua, Faktor yang mempengarui respon masyarakat Desa Karangsari Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan terhadap pendidikan wajib belajar sembilan tahun adalah faktor sosial ekonomi orang tua, faktor lingkungan, rendaknya motivasi orang tua dan anak untuk bersekolah, faktor jumlah anak.</description><date>2015-10-23</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/679/1/1.%20COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/679/2/2.%20PERNYATAAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/679/3/3.%20NOTA%20PEMBIMBING.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/679/4/4.%20PENGESAHAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/679/5/7.%20ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/679/6/9.%20DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/679/7/10.%20BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/679/8/11.%20BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/679/9/12.%20BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/679/10/13.%20BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/679/11/14.%20BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/679/12/15.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Listiyono, Muhammad (2015) RESPON MASYARAKAT DESA KARANGSARI KECAMATAN BOJONG KABUPATEN PEKALONGAN TERHADAP PENDIDIKAN WAJIB BELAJAR SEMBILAN TAHUN. Undergraduate thesis, STAIN Pekalongan. </identifier><relation>http://perpustakaan.stain-pekalongan.ac.id/</relation><recordID>679</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Listiyono, Muhammad
title RESPON MASYARAKAT DESA KARANGSARI KECAMATAN BOJONG KABUPATEN PEKALONGAN TERHADAP PENDIDIKAN WAJIB BELAJAR SEMBILAN TAHUN
publishDate 2015
topic 130101 Continuing and Community Education
130307 Ethnic Education
url http://elc.stain-pekalongan.ac.id/679/1/1.%20COVER.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/679/2/2.%20PERNYATAAN.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/679/3/3.%20NOTA%20PEMBIMBING.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/679/4/4.%20PENGESAHAN.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/679/5/7.%20ABSTRAK.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/679/6/9.%20DAFTAR%20ISI.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/679/7/10.%20BAB%20I.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/679/8/11.%20BAB%20II.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/679/9/12.%20BAB%20III.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/679/10/13.%20BAB%20IV.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/679/11/14.%20BAB%20V.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/679/12/15.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/679/
http://perpustakaan.stain-pekalongan.ac.id/
contents Desa Karangsari Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan adalah salah satu desa yang berada di Kecamatan Bojong dengan karakteristik masyarakatnya adalah masyarakat asli desa tersebut artinya sedikit orang pendatang yang bermukim di desa tersebut. Hal ini menyebabkan tingkat ekonomi masyarakat Desa Karangsari kurang berkembang sehingga mayoritas masyarakat Desa Karangsari hidup dalam kekurangan, ditambah lagi mayoritas masyarkaat Desa Karangsari bermata pencaharian sebagai buruh tani. Hal ini menimbulkan respon bahwa lebih baik bekerja dari pada menuntut ilmu yang tinggi, karena dengan bekerja maka kebutuhan hidup mereka akan tercukupi bila dibandingkan harus mengeluarkan uang untuk bersekolah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana respon masyarakat Desa Karangsari Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan terhadap pendidikan wajib belajar sembilan tahun? (2) Faktor apa saja yang mempengaruhi respon masyarakat Desa Karangsari Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan terhadap pendidikan wajib belajar sembilan tahun?. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui respon masyarakat Desa Karangsari Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan terhadap pendidikan wajib belajar sembilan tahun dan untuk mengetahui faktor apa yang mempengaruhi respon masyarakat Desa Karangsari Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan terhadap pendidikan wajib belajar sembilan tahun. Kegunaan penelitian dapat memberikan pengetahuan yang luas kepada masyarakat Desa Karangsari Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan tentang arti pentingnya pendidikan bagi anak-anak mereka. Jenis penelitian ini adalah studi lapangan (field research). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini observasi, interview dan dokumentasi. Adapun dalam menganalisis data peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif Hasil penelitian menunjukkan: Pertama, Respon masyarakat Desa Karangsari Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan terhadap pendidikan wajib belajar sembilan tahun ada 2 (dua) yakni: pertama, respon positif dari masyarakat Desa Karangsari Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan terhadap pendidikan wajib belajar sembilan tahun yang menganggap pendidikan pada anak adalah penting. Kedua, respon negatif dari masyarakat Desa Karangsari Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan terhadap pendidikan wajib belajar sembilan tahun yang menganggap pendidikan pada anak tidak begitu penting dan lebih mengutamakan untuk bekerja. Kedua, Faktor yang mempengarui respon masyarakat Desa Karangsari Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan terhadap pendidikan wajib belajar sembilan tahun adalah faktor sosial ekonomi orang tua, faktor lingkungan, rendaknya motivasi orang tua dan anak untuk bersekolah, faktor jumlah anak.
id IOS2761.679
institution IAIN Pekalongan
institution_id 324
institution_type library:university
library
library Perpustakaan IAIN Pekalongan
library_id 236
collection STAIN Pekalongan Electronic Local Content
repository_id 2761
subject_area Agama
Ekonomi
Hukum
city PEKALONGAN
province JAWA TENGAH
repoId IOS2761
first_indexed 2016-10-05T06:44:39Z
last_indexed 2016-10-05T06:44:39Z
recordtype dc
_version_ 1765831025455267840
score 17.538404