PENGARUH PRESTASI BELAJAR AKIDAH AKHLAK DENGAN PERILAKU SISWA DALAM BERGAUL DENGAN TEMAN SEBAYA DI SMA MUHAMMADIYAH PEKAJANGAN PEKALONGAN
Daftar Isi:
- Siswa yang mendapatkan nilai yang tinggi atau memilki prestasi belajar yang baik harusnya dapat diimbangi dengan akhlak atau perilaku yang baik. Hal ini karena siswa mempunyai tanggung jawab atas nilai yang diberikan oleh guru dari hasil belajar siswa serta didukung oleh peran orang tua dan masyarakat dalam pembinaan dan atas penanaman budi pekerti siswa, sehingga dapat tercipta kepribadian siswa yang mampu untuk bekerja keras, berdisiplin, beriman, bertanggung jawab, jujur, sopan santun dan lain-lain. Rumusan masalah yang dikaji dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana prestasi belajar Akidah Akhlak siswa di SMA Muhammadiyah 01 Pekajangan Pekalongan, 2) Bagaimana perilaku siswa dalam Bergaul dengan teman sebaya di SMA Muhammadiyah 01 Pekajangan Pekalongan. 3) Adakah pengaruh prestasi belajar akidah akhlak dengan perilaku siswa dalam bergaul dengan teman sebaya di SMA Muhammadiyah 01 Pekajangan Pekalongan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan prestasi belajar Akidah Akhlak siswa di SMA Muhammadiyah 01 Pekajangan Pekalongan, untuk mendeskripsikan Perilaku Siswa dalam Bergaul dengan Teman Sebaya di SMA Muhammadiyah 01 Pekajangan Pekalongan, untuk membuktikan ada tidaknya pengaruh prestasi belajar akidah akhlak dengan perilaku siswa dalam bergaul dengan teman sebaya di SMA Muhammadiyah 01 Pekajangan Pekalongan. Kegunaan penelitian ini adalah sebagai bahan pembelajaran bagi guru SMA Muhammadiyah 01 Pekajangan Pekalongan dalam mendidik siswanya. Jenis penelitian ini adalah studi lapangan (field research). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Sedangkan metode pengumpulan data dalam penelitian ini observasi, angket dan dokumentasi. Adapun dalam menganalisis data peneliti menggunakan rumus product moment. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: Pertama, Prestasi belajar Akidah Akhlak siswa di SMA Muhammadiyah 01 Pekajangan Pekalongan termasuk kategori cukup baik. Kedua, Perilaku siswa dalam bergaul dengan teman sebaya di SMA Muhammadiyah 01 Pekajangan Pekalongan (Variabel Y) termasuk dalam kategori cukup baik. Ketiga, Dari hasil perhitungan product moment dengan N = 32 diperoleh hasil bahwa nilai rxy = 0,536 terletak pada interval 0,41 – 0,70. Nilai t r pada tingkat kesalahan 5 % adalah 0,35, sedang pada tingkat kesalahan 1 % adalah 0,45. Dari hasil perhitungan di dapatkan bahwa rxy > rt, , maka o H ditolak, a H diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa antar variabel X dan Y terdapat pengaruh yang cukup atau sedang. Maka dapat dikatakan bahwa antara prestasi belajar akidah akhlak dengan perilaku siswa dalam bergaul dengan teman sebaya di SMA Muhammadiyah 01 Pekajangan Pekalongan terdapat pengaruh positif yang signifikan. Dengan demikian hipotesis yang penulis ajukan dapat diterima kebenarannya.