ctrlnum 624
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/624/</relation><title>PELAKSANAAN BELAJAR MANDIRI DI PONDOK PESANTREN AL-MANSHURIYAH MENGORI PEMALANG</title><creator>Mukminin, Hasanul</creator><subject>130105 Primary Education</subject><subject>130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development</subject><description>Pondok Pesantren Al-Manshuriyah Mengori Pemalang diajarkan tentang pelajaran demokrasi pendidikan, sehingga pola pembelajaran yang demokratis di pondok pesantren tersebut nampak. Contohnya dalam kegiatan belajar mengajar kyai atau ustadz mempersilahkan santri untuk bertanya atau mengungkapkan pendapat tentang materi pelajaran yang sedang diajarkan dengan cara mengangkat tangan, serta memberikan kesempatan kepada santrinya untuk melakukan diskusi bersama sebelum pembelajaran dimulai. Dari hasil observasi atau pengamatan diketahui bahwa kyai atau ustadz yang ada di pondok pesantren tersebut menggunakan metode pembelajaran yang bersifat demokratis, dengan menunjukkan prinsip-prinsip demokrasi yang terdiri dari persamaan, kebebasan dan pluralisme. Prinsip persamaan memberikan penegasan bahwa santri berhak mempunyai persamaan kesempatan dan kesamaan kedudukan di muka kyai atau ustadz dalam mendapatkan ilmu.&#xD; Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana pelaksanaan belajar mandiri di Pondok Pesantren Al-Manshuriyah Mengori Pemalang? Faktor apa saja yang mendukung dan menghambat pelaksanaan belajar mandiri di Pondok Pesantren Al-Manshuriyah Mengori Pemalang?. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pelaksanaan belajar mandiri di Pondok Pesantren Al-Manshuriyah Mengori Pemalang, untuk mengetahui faktor yang mendukung dan menghambat pelaksanaan belajar mandiri di Pondok Pesantren Al-Manshuriyah Mengori Pemalang. Kegunaan penelitian ini dapat menjadi bahan masukan dalam merumuskan konsep atau format pendidikan demokratis yang sesuai dengan pendidikan di Pondok Pesantren Al-Manshuriyah Mengori Pemalang.&#xD; Jenis penelitian ini adalah studi lapangan (field research). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Sedangkan metode pengumpulan data dalam penelitian ini observasi, interview, dan dokumentasi. Adapun dalam menganalisis data peneliti menggunakan deskriptif analisis.&#xD; Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Pondok Pesantren Al-Mashuriyah Mengori Pemalang menggunakan pelaksanaan belajar mandiri setiap jam 19.30 &#x2013; 21.00 WIB dan dilakukan setiap hari. Penilaian atau pelaksanaan belajar mandiri di Pondok Pesantren Al-Mashuriyah Mengori Pemalang dilakukan dengan cara tes lisan dan hasil penialian tidak dimasukkan ke dalam buku raport melainkan hanya sebagai catatan kegiatan tambahan semata. Kedua, Faktor yang mendukung pelaksanaan belajar mandiri di Pondok Pesantren Al-Manshuriyah Mengori Pemalang, antara lain: tenaga pengajar yang profesional, materi pembelajaran pondok pesantren yang mengajarkan tentang kemandirian, Motivasi atau minat dalam diri santri untuk memiliki kemandirian. Sedangkan faktor yang menghambat, antara lain: kurangnya teguran dari pihak pengasuh tentang perilaku santri, pemanjaan dari pengasuh, rasa malu dalam diri santri untuk berbicara.</description><date>2015-04-23</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/624/1/1.%20COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/624/2/2.%20PERNYATAAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/624/3/3.%20NOTA%20PEMBIMBING.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/624/4/4.%20PENGESAHAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/624/5/7.%20ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/624/6/9.%20DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/624/7/10.%20BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/624/8/11.%20BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/624/9/12.%20BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/624/10/12.%20BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/624/11/13.%20BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/624/12/14.%20BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/624/13/15.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Mukminin, Hasanul (2015) PELAKSANAAN BELAJAR MANDIRI DI PONDOK PESANTREN AL-MANSHURIYAH MENGORI PEMALANG. Undergraduate thesis, STAIN Pekalongan. </identifier><relation>http://perpustakaan.stain-pekalongan.ac.id/</relation><recordID>624</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Mukminin, Hasanul
title PELAKSANAAN BELAJAR MANDIRI DI PONDOK PESANTREN AL-MANSHURIYAH MENGORI PEMALANG
publishDate 2015
topic 130105 Primary Education
130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
url http://elc.stain-pekalongan.ac.id/624/1/1.%20COVER.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/624/2/2.%20PERNYATAAN.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/624/3/3.%20NOTA%20PEMBIMBING.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/624/4/4.%20PENGESAHAN.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/624/5/7.%20ABSTRAK.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/624/6/9.%20DAFTAR%20ISI.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/624/7/10.%20BAB%20I.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/624/8/11.%20BAB%20II.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/624/9/12.%20BAB%20III.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/624/10/12.%20BAB%20III.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/624/11/13.%20BAB%20IV.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/624/12/14.%20BAB%20V.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/624/13/15.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/624/
http://perpustakaan.stain-pekalongan.ac.id/
contents Pondok Pesantren Al-Manshuriyah Mengori Pemalang diajarkan tentang pelajaran demokrasi pendidikan, sehingga pola pembelajaran yang demokratis di pondok pesantren tersebut nampak. Contohnya dalam kegiatan belajar mengajar kyai atau ustadz mempersilahkan santri untuk bertanya atau mengungkapkan pendapat tentang materi pelajaran yang sedang diajarkan dengan cara mengangkat tangan, serta memberikan kesempatan kepada santrinya untuk melakukan diskusi bersama sebelum pembelajaran dimulai. Dari hasil observasi atau pengamatan diketahui bahwa kyai atau ustadz yang ada di pondok pesantren tersebut menggunakan metode pembelajaran yang bersifat demokratis, dengan menunjukkan prinsip-prinsip demokrasi yang terdiri dari persamaan, kebebasan dan pluralisme. Prinsip persamaan memberikan penegasan bahwa santri berhak mempunyai persamaan kesempatan dan kesamaan kedudukan di muka kyai atau ustadz dalam mendapatkan ilmu. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana pelaksanaan belajar mandiri di Pondok Pesantren Al-Manshuriyah Mengori Pemalang? Faktor apa saja yang mendukung dan menghambat pelaksanaan belajar mandiri di Pondok Pesantren Al-Manshuriyah Mengori Pemalang?. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pelaksanaan belajar mandiri di Pondok Pesantren Al-Manshuriyah Mengori Pemalang, untuk mengetahui faktor yang mendukung dan menghambat pelaksanaan belajar mandiri di Pondok Pesantren Al-Manshuriyah Mengori Pemalang. Kegunaan penelitian ini dapat menjadi bahan masukan dalam merumuskan konsep atau format pendidikan demokratis yang sesuai dengan pendidikan di Pondok Pesantren Al-Manshuriyah Mengori Pemalang. Jenis penelitian ini adalah studi lapangan (field research). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Sedangkan metode pengumpulan data dalam penelitian ini observasi, interview, dan dokumentasi. Adapun dalam menganalisis data peneliti menggunakan deskriptif analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Pondok Pesantren Al-Mashuriyah Mengori Pemalang menggunakan pelaksanaan belajar mandiri setiap jam 19.30 – 21.00 WIB dan dilakukan setiap hari. Penilaian atau pelaksanaan belajar mandiri di Pondok Pesantren Al-Mashuriyah Mengori Pemalang dilakukan dengan cara tes lisan dan hasil penialian tidak dimasukkan ke dalam buku raport melainkan hanya sebagai catatan kegiatan tambahan semata. Kedua, Faktor yang mendukung pelaksanaan belajar mandiri di Pondok Pesantren Al-Manshuriyah Mengori Pemalang, antara lain: tenaga pengajar yang profesional, materi pembelajaran pondok pesantren yang mengajarkan tentang kemandirian, Motivasi atau minat dalam diri santri untuk memiliki kemandirian. Sedangkan faktor yang menghambat, antara lain: kurangnya teguran dari pihak pengasuh tentang perilaku santri, pemanjaan dari pengasuh, rasa malu dalam diri santri untuk berbicara.
id IOS2761.624
institution IAIN Pekalongan
institution_id 324
institution_type library:university
library
library Perpustakaan IAIN Pekalongan
library_id 236
collection STAIN Pekalongan Electronic Local Content
repository_id 2761
subject_area Agama
Ekonomi
Hukum
city PEKALONGAN
province JAWA TENGAH
repoId IOS2761
first_indexed 2016-10-05T06:44:34Z
last_indexed 2016-10-05T06:44:34Z
recordtype dc
_version_ 1765831024966631424
score 17.538404