ctrlnum 620
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/620/</relation><title>PENGARUH PENERAPAN KEDISIPLINAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS V MIS GUMAWANG WIRADESA PEKALONGAN</title><creator>Wildan, Muhammad.</creator><subject>130105 Primary Education</subject><subject>130211 Religion Curriculum and Pedagogy</subject><subject>130303 Education Assessment and Evaluation</subject><subject>130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified</subject><description>Sikap displin memang tidak mudah untuk ditanamkan pada setiap individu. Untuk menumbuhkembangkan kesadaran berdisiplin dalam proses belajar mengajar sekolah, sekolah menerapkan aturan-aturan atau tata tertib yang didalamnya terdapat kewajiban peserta didik serta sanksi bagi yang melanggar. Keberhasilan dalam proses belajar dapat diketahui dari prestasi yang dicapai oleh siswa, dikarenakann prestasi belajar merupakan hasil yang telah dilakukan atau dikerjakan.&#xD; Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Bagaimana kedisiplinan siswa kelas V MIS Gumawang Wiradesa Pekalongan, Bagaimana prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran Aqidah akhlak kelas V MIS Gumawang Wiradesa Pekalongan, Bagaimana pengaruh kedisiplinan terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran Aqidah akhlak kelas V MIS Gumawang Wiradesa Pekalongan. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mendiskripsikan Kedisiplinan Siswa dalam mata pelajaran Aqidah akhlak kelas V MIS Gumawang Wiradesa Pekalongan, Untuk mendiskripsikan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran Aqidah akhlak kelas V MIS Gumawang Wiradesa Pekalongan, Untuk mendiskripsikan pengaruh Kedisiplinan terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran Aqidah akhlak kelas V MIS Gumawang Wiradesa Pekalongan. Kegunaan penelitian ini dapat menambah wacana dalam peningkatan kedisiplinan siswa serta Dapat mengetahui prestasi belajar siswa.&#xD; Jenis penilitian ini adalah menggunakan studi lapangan (field research. sedangkan pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah interview, angket dan dokumentasi. Adapun dalam menganalisis data peneliti menggunakan analisis regresi linier sederhana.&#xD; Hasil penilitian ini menunjukan : pertama, Kedisiplinan (Variabel X) termasuk pada kategori baik, Hal ini ditunjukkan dari nilai angket tentang kedisiplinan siswa mata pelajaran Aqidah Akhlak (Variabel X) sebesar 69 berada pada kelas interval 69-74 yang berarti berada pada kategori baik. Kedua, Prestasi Belajar Siswa dalam mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas v (Variabel Y) adalah termasuk dalam kategori cukup, Hal ini ditunjukan dari rata-rata nilai raport semester genap 2014/2015 sebesar 74 terletak pada kelas interval 74-79 yang termasuk pada kategori cukup. Ketiga, Hasil analisis regresi menggunakan program SPSS 16 didapatkan hasil persamaan regresi Y = 3,979 + 0,988 X. Hal ini menunjukan bahwa secara matematis setiap peningkatan pada kedisiplinana (variabel X) berakibat pada peningkatan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran aqidah akhlak kelas v (variabel Y), jadi semakin baik kedisiplinan siswa maka semakin baik pula nilai prestasi belajar siswa dalam mapel aqidah akhlak kelas v MIS Gumawang-Wiradesa-Pekalongan. Maka hipotesis yang diajukan oleh penulis teruji kebenarannya.</description><date>2015-10-26</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/620/1/1%20HALAMAN%20JUDUL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/620/2/2%20HALAMAN%20PERNYATAAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/620/3/3%20HALAMAN%20NOTA%20PEMBIMBING.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/620/4/4%20HALAMAN%20PENGESAHAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/620/5/7%20ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/620/6/9%20DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/620/7/10%20BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/620/8/11%20BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/620/9/12%20BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/620/10/13%20BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/620/11/14%20BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/620/12/15%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Wildan, Muhammad. (2015) PENGARUH PENERAPAN KEDISIPLINAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS V MIS GUMAWANG WIRADESA PEKALONGAN. Undergraduate thesis, STAIN Pekalongan. </identifier><relation>http://perpustakaan.stain-pekalongan.ac.id/</relation><recordID>620</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Wildan, Muhammad.
title PENGARUH PENERAPAN KEDISIPLINAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS V MIS GUMAWANG WIRADESA PEKALONGAN
publishDate 2015
topic 130105 Primary Education
130211 Religion Curriculum and Pedagogy
130303 Education Assessment and Evaluation
130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified
url http://elc.stain-pekalongan.ac.id/620/1/1%20HALAMAN%20JUDUL.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/620/2/2%20HALAMAN%20PERNYATAAN.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/620/3/3%20HALAMAN%20NOTA%20PEMBIMBING.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/620/4/4%20HALAMAN%20PENGESAHAN.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/620/5/7%20ABSTRAK.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/620/6/9%20DAFTAR%20ISI.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/620/7/10%20BAB%20I.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/620/8/11%20BAB%20II.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/620/9/12%20BAB%20III.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/620/10/13%20BAB%20IV.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/620/11/14%20BAB%20V.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/620/12/15%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/620/
http://perpustakaan.stain-pekalongan.ac.id/
contents Sikap displin memang tidak mudah untuk ditanamkan pada setiap individu. Untuk menumbuhkembangkan kesadaran berdisiplin dalam proses belajar mengajar sekolah, sekolah menerapkan aturan-aturan atau tata tertib yang didalamnya terdapat kewajiban peserta didik serta sanksi bagi yang melanggar. Keberhasilan dalam proses belajar dapat diketahui dari prestasi yang dicapai oleh siswa, dikarenakann prestasi belajar merupakan hasil yang telah dilakukan atau dikerjakan. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Bagaimana kedisiplinan siswa kelas V MIS Gumawang Wiradesa Pekalongan, Bagaimana prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran Aqidah akhlak kelas V MIS Gumawang Wiradesa Pekalongan, Bagaimana pengaruh kedisiplinan terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran Aqidah akhlak kelas V MIS Gumawang Wiradesa Pekalongan. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mendiskripsikan Kedisiplinan Siswa dalam mata pelajaran Aqidah akhlak kelas V MIS Gumawang Wiradesa Pekalongan, Untuk mendiskripsikan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran Aqidah akhlak kelas V MIS Gumawang Wiradesa Pekalongan, Untuk mendiskripsikan pengaruh Kedisiplinan terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran Aqidah akhlak kelas V MIS Gumawang Wiradesa Pekalongan. Kegunaan penelitian ini dapat menambah wacana dalam peningkatan kedisiplinan siswa serta Dapat mengetahui prestasi belajar siswa. Jenis penilitian ini adalah menggunakan studi lapangan (field research. sedangkan pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah interview, angket dan dokumentasi. Adapun dalam menganalisis data peneliti menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penilitian ini menunjukan : pertama, Kedisiplinan (Variabel X) termasuk pada kategori baik, Hal ini ditunjukkan dari nilai angket tentang kedisiplinan siswa mata pelajaran Aqidah Akhlak (Variabel X) sebesar 69 berada pada kelas interval 69-74 yang berarti berada pada kategori baik. Kedua, Prestasi Belajar Siswa dalam mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas v (Variabel Y) adalah termasuk dalam kategori cukup, Hal ini ditunjukan dari rata-rata nilai raport semester genap 2014/2015 sebesar 74 terletak pada kelas interval 74-79 yang termasuk pada kategori cukup. Ketiga, Hasil analisis regresi menggunakan program SPSS 16 didapatkan hasil persamaan regresi Y = 3,979 + 0,988 X. Hal ini menunjukan bahwa secara matematis setiap peningkatan pada kedisiplinana (variabel X) berakibat pada peningkatan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran aqidah akhlak kelas v (variabel Y), jadi semakin baik kedisiplinan siswa maka semakin baik pula nilai prestasi belajar siswa dalam mapel aqidah akhlak kelas v MIS Gumawang-Wiradesa-Pekalongan. Maka hipotesis yang diajukan oleh penulis teruji kebenarannya.
id IOS2761.620
institution IAIN Pekalongan
institution_id 324
institution_type library:university
library
library Perpustakaan IAIN Pekalongan
library_id 236
collection STAIN Pekalongan Electronic Local Content
repository_id 2761
subject_area Agama
Ekonomi
Hukum
city PEKALONGAN
province JAWA TENGAH
repoId IOS2761
first_indexed 2016-10-05T06:44:34Z
last_indexed 2016-10-05T06:44:34Z
recordtype dc
_version_ 1765831024945659904
score 17.538404