ctrlnum 593
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/593/</relation><title>KORELASI KEDISIPLINAN DOSEN DENGAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PRODI PAI JURUSAN TARBIYAH STAIN PEKALONGAN</title><creator>Nabila, Ayu</creator><subject>130103 Higher Education</subject><subject>130303 Education Assessment and Evaluation</subject><description>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keprihatinan penulis mengenai mahasiswa yang merasa malas mengikuti kuliah pada mata kuliah tertentu yang disebabkan oleh faktor dosen dengan alasan bervariasi, mulai dari cara mengajar dosen yang kurang menyenagkan, keterlambatan dosen, kepribadian dosen yang kurang disukai maupun peraturan yang ditetapkan dosen yang diraasa memberatkan mahasiswa. Memang tidak semua mahasiswa demikian, banyak juga mahasiswa yang merasa nyaman-nyaman saja mengikuti perkuliahan disaat mahasiswa lain merasa malas. Kondisi terebut menandakan adanya persepsi yang berbeda dari masing-masing mahasiswa tentang dosen sehingga mempengaruhi motivasi belajar mereka. Apa yang dirasakan mahasiswa dalam proses belajar mengajar memiliki peran penting dalam membangkitkan motivasi belajar mereka. Apa yang dirasakan mahasiswa terhadap dosen dalam kegiatan belajar mengajar memiliki peran penting dalam membangkitkan motivasi belajar mahasiswa.&#xD; Berdasarkan latar belakang tersebut, rumusan masalah yang diajukan adalah&#xD; bagaimana kedisiplinan dosen PRODI PAI di STAIN Pekalongan, bagaimana motivasi belajar mahasiswa PRODI PAI STAIN Pekalongan, bagaimana korelasi kedisiplinan dosen dengan motivasi belajar mahasiswa PRODI PAI di STAIN Pekalongan.&#xD; Jenis penelitian ini yaitu penelitian lapangan (field research) dan pendekatannya menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data yang digunakan meliputi angket, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan yaitu dengan cara analisis korelasi.&#xD; Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penelitian yang dilakukan di STAIN Pekalongan menunjukan bahwa kedisidiplinan dosen memiliki korelasi positif terhadap motivasi belajar mahasiswa program studi PAI STAIN Pekalongan. Hal ini dibuktikan dengan nilai rh &gt; rt baik pada tingkat signifikansi 5% maupun 1%. Dimana rh = 0,737 sedangkan rt = 0,246 pada taraf signifikansi 5% dan rt = 0,204 pada taraf signifikansi 1%, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima.</description><date>2015-10-06</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/593/1/1.SAMPUL%20DEPAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/593/2/2.%20PERNYATAAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/593/3/3.%20NOTA%20PEMBIMBING.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/593/4/4.%20PENGESAHAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/593/5/7.ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/593/6/9.DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/593/7/11.BAB%201.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/593/8/12.BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/593/9/13.BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/593/10/14.BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/593/11/15.BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/593/12/16.DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Nabila, Ayu (2015) KORELASI KEDISIPLINAN DOSEN DENGAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PRODI PAI JURUSAN TARBIYAH STAIN PEKALONGAN. Undergraduate thesis, STAIN Pekalongan. </identifier><relation>http://perpustakaan.stain-pekalongan.ac.id/</relation><recordID>593</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Nabila, Ayu
title KORELASI KEDISIPLINAN DOSEN DENGAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PRODI PAI JURUSAN TARBIYAH STAIN PEKALONGAN
publishDate 2015
topic 130103 Higher Education
130303 Education Assessment and Evaluation
url http://elc.stain-pekalongan.ac.id/593/1/1.SAMPUL%20DEPAN.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/593/2/2.%20PERNYATAAN.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/593/3/3.%20NOTA%20PEMBIMBING.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/593/4/4.%20PENGESAHAN.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/593/5/7.ABSTRAK.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/593/6/9.DAFTAR%20ISI.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/593/7/11.BAB%201.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/593/8/12.BAB%20II.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/593/9/13.BAB%20III.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/593/10/14.BAB%20IV.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/593/11/15.BAB%20V.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/593/12/16.DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/593/
http://perpustakaan.stain-pekalongan.ac.id/
contents Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keprihatinan penulis mengenai mahasiswa yang merasa malas mengikuti kuliah pada mata kuliah tertentu yang disebabkan oleh faktor dosen dengan alasan bervariasi, mulai dari cara mengajar dosen yang kurang menyenagkan, keterlambatan dosen, kepribadian dosen yang kurang disukai maupun peraturan yang ditetapkan dosen yang diraasa memberatkan mahasiswa. Memang tidak semua mahasiswa demikian, banyak juga mahasiswa yang merasa nyaman-nyaman saja mengikuti perkuliahan disaat mahasiswa lain merasa malas. Kondisi terebut menandakan adanya persepsi yang berbeda dari masing-masing mahasiswa tentang dosen sehingga mempengaruhi motivasi belajar mereka. Apa yang dirasakan mahasiswa dalam proses belajar mengajar memiliki peran penting dalam membangkitkan motivasi belajar mereka. Apa yang dirasakan mahasiswa terhadap dosen dalam kegiatan belajar mengajar memiliki peran penting dalam membangkitkan motivasi belajar mahasiswa. Berdasarkan latar belakang tersebut, rumusan masalah yang diajukan adalah bagaimana kedisiplinan dosen PRODI PAI di STAIN Pekalongan, bagaimana motivasi belajar mahasiswa PRODI PAI STAIN Pekalongan, bagaimana korelasi kedisiplinan dosen dengan motivasi belajar mahasiswa PRODI PAI di STAIN Pekalongan. Jenis penelitian ini yaitu penelitian lapangan (field research) dan pendekatannya menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data yang digunakan meliputi angket, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan yaitu dengan cara analisis korelasi. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penelitian yang dilakukan di STAIN Pekalongan menunjukan bahwa kedisidiplinan dosen memiliki korelasi positif terhadap motivasi belajar mahasiswa program studi PAI STAIN Pekalongan. Hal ini dibuktikan dengan nilai rh > rt baik pada tingkat signifikansi 5% maupun 1%. Dimana rh = 0,737 sedangkan rt = 0,246 pada taraf signifikansi 5% dan rt = 0,204 pada taraf signifikansi 1%, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima.
id IOS2761.593
institution IAIN Pekalongan
institution_id 324
institution_type library:university
library
library Perpustakaan IAIN Pekalongan
library_id 236
collection STAIN Pekalongan Electronic Local Content
repository_id 2761
subject_area Agama
Ekonomi
Hukum
city PEKALONGAN
province JAWA TENGAH
repoId IOS2761
first_indexed 2016-10-05T06:44:34Z
last_indexed 2016-10-05T06:44:34Z
recordtype dc
_version_ 1765831024811442176
score 17.538404