PERAN ULAMA DALAM MENDIDIK AKHLAK REMAJA DESA KARANGANOM KECAMATAN KANDEMAN KABUPATEN BATANG
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh labilnya akhlak remaja, diantara berbagai pendidikan bagi manusia ada yang disebut sebagai pendidikan akhlak yaitu pendidikan yang berfungsi untuk mendidik kebaikan manusia sebagai manusia yang menyangkut nilai-nilai agama,sosial,budaya dan sebagainya. Pendidikan akhlak sebaiknya mulai dilaksanakan kepada anak sejak usia dini sampai remaja. Peran sosok ulama dalam pendidikan akhlak remaja memang sangat diperlukan. Ulama tidak hanya bertugas menyelesaikan persoalan-persoalan agama yang ada dimasyarakat saja, tetapi juga diharapkan menjadi seorang yang bisa mendidik akhlak remaja di masyarakat sekitar dan juga menjadi suri tauladan yang baik bagi remaja. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana Akhlak Remaja di Desa Karanganom Kec. Kandeman Kab. Batang? 2) Bagaimana peran ulama dalam mendidik akhlak remaja di Desa Karanganom Kec. Kandeman Kab. Batang? 3) Faktor-faktor apa saja yang mendukung dan menghambat peran ulama dalam mendidik akhlak remaja di Desa Karanganom Kec. Kandeman Kab. Batang?. Keguanaan penelitian ini secara teoritis dan praktis dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif mengetahui suatu peran ulama dalam upaya mendidik akhlak remaja dan memberi informasi kepada pembaca tentang pentingnya peran ulama dalam mendidik akhlak remaja. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif yaitu pendekatan yang lebih menekankan analisis proses penyimpulan serta analisis terhadap dinamika fenomena yang diamati dengan menggunakan metode logika ilmiah. Objek dalam penelitian ini adalah ulama dan remaja desa Karanganom. Sedangkan metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dokumentasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif, mengambil tempat penelitian di Desa Karanganom Kandeman Batang. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari analisis data yang penulis lakukan kondisi akhlak remaja didesa Karanganom dapat dikatakan mempunyai akhlak yang cukup baik meskipun masih ada sebagian remaja yang melakukan penyimpangan. Peran ulama dalam mendidik akhlak remaja didesa Karanganom dapat dikatan cukup berhasil melalui usaha mengenalkan dan mengajarkan agama kepada remaja ulama berhasil mendidik akhlak remaja menjadi lebih baik, walaupun dalam prakteknya ada beberapa faktor yang mempengaruhi peran ulama dalam mendidik akhlak remaja seperti masih kuarangnya pendidikan agama dalam keluarga dan lingkungan pergaulan remaja yang semakin bebas.