Daftar Isi:
  • Kedisiplinan digunakan sebagai barometer dalam upaya mengukur kemajuan kepala madrasah dalam memimpin madrasahnya. Dengan demikian dibutuhkan kepemimpinan kepala madrasah yang baik sehingga mampu memotivasi, mempengaruhi dan menggerakkan anggotanya untuk melaksanakan tugas dalam meningkatkan kedisiplinan siswa sehingga tercipta suasana belajar yang kondusif di lingkungan madrasah serta dapat membina disiplin bagi siswa sebagai generasi umat Islam dan bangsa Indonesia agar tidak mengalami indisipliner dalam segala bidang. Kepala madrasah sebagai pemimpin dalam lembaga pendidikan memiliki peran dalam meningkatkan kedisiplinan siswa. Dalam penelitian ini penulis mengajukan permasalahan tentang bagaimana kepemimpinan kepala madrasah di MTs Wahid Hasyim Warungasem Batang Tahun 2014/2015? bagaimana kedisiplinan siswa di MTs Wahid Hasyim Warungasem Batang Tahun 2014/2015? bagaimana peran kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di MTs Wahid Hasyim Warungasem Batang Tahun 2014/2015?. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kepemimpinan kepala madrasah di MTs Wahid Hasyim Warungasem Batang Tahun 2014/2015, untuk mendeskripsikan kedisiplinan siswa di MTs Wahid Hasyim Warungasem Batang Tahun 2014/2015, dan untuk mendeskripsikan peran kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kedisiplinan di MTs Wahid Hasyim Warungasem Batang Tahun 2014/2015. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yang dilaksanakan adalah jenis penelitian lapangan. Pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi, Analisis data yang digunakan adalah analisis non-statistik yaitu menggunakan analisis deskriptif kualitatif, data yang diperoleh (berupa kata-kata, gambar, dan perilaku) tidak dituang dalam bentuk bilangan atau angka. Peneliti segera melakukan analisis data dengan memberi pemaparan mengenai situasi yang diteliti dalam bentuk uraian naratif. Kepemimpinan kepala madrasah di MTs Wahid Hasyim Warungasem Batang menggunakan gaya kepemimpinan demokratis dalam meningkatkan Kedisiplinan siswa. Kedisiplinan siswa MTs Wahid Hasyim Warungasem Batang cukup baik, hal tersebut terlihat dari jumlah siswa yang melanggar peraturan semakin sedikit dan beberapa prestasi yang diraih oleh MTs Wahid Hasyim Warungasem Batang. Dalam meningkatkan kedisiplinan siswa, kepala madrasah melaksanakan perannya yaitu: sebagai educator (pendidik), manajer, motivator, leader (pemimpin), dan innovator.