Daftar Isi:
  • Pembentukan karakter pada hakikatnya memerlukan waktu yang panjang serta tidak dapat dilakukan dengan satu atau dua kegiatan saja, kemudian peran guru pendidikan agama Islam tidak serta merta menjadi penentu keberhasilan dalam pendidikan karakter tersebut. Oleh karena itu pembentukan karakter memerlukan strategi yang tepat serta dapat bersinergi dengan kegiatan-kegiatan didalam maupun diluar pembelajaran agama Islam. Berdasarkan uraian diatas, maka penulis mengemukakan rumusan masalah sebagai berikut: bagaimana strategi guru pendidikan agama Islam dalam membangun karakter siswa MTs Nurussalam Tersono?, Bagaimana implementasi peran guru pendidikan agama Islam dalam membangun karakter siswa MTs Nurussalam Tersono?, Bagaimana efektivitas peran guru pendidikan agama Islam dalam membangun karakter siswa MTs Nurussalam Tersono?, Tujuan dari penulisan skripsi adalah Untuk mengetahui strategi guru PAI dalam membangun karakter siswa di MTs Nurussalam Tersono, Untuk mengetahui implementasi peran guru PAI dalam membangun karakter siswa MTs Nurussalam Tersono, Untuk mengetahui efektivitas peran guru PAI dalam membangun karakter siswa MTs Nurussalam Tersono. Pada penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (Fiel research). Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode intreview, obsevasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah, Strategi guru pendidikan agama Islam dalam membangun karakter siswa MTs Nurussalam Tersono kabupaten Batang, adalah dengan strategi pembiasaan: Pembacaan do’a sebelum dan sesudah pembelajaran dimulai, pemberian nasehat, sholat berjama’ah, kegiatan PHBI, infaq sosial, serta berusaha menyebarkan salam dan berbicara santun antar anggota sekolah. Keteladanan: Pendekatan dalam metode keteladanan, yaitu metode keteladanan internal dan keteladanan eksternal. Reward and punishment: berusaha diberlakukan secara ideal dan strategis serta sesuai dengan prinsip-prinsip pedagogis dan disesuaikan dengan sembilan pilar karakter. Serta sinergitas dengan kegiatan ekstra pramuka. Kemudian efektivitas peran guru PAI dalam membangun karakter siswa MTs Nurussalam Tersono menunjukkan kategori baik, ini terlihat dari hasil data cek list yang telah penulis teliti.