Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Keluarga (Studi Kasus di Asrama Brimob Pekalongan)
Daftar Isi:
- Akhir–akhir ini pendidikan karakter semakin digencar–gencarkan oleh pemerintah, supaya nasib generasi muda dapat terselamatkan dari pengaruh perilaku yang negatif. Namun tercengangnya kita dengan semakin gencarnya pendidikan karakter di negeri ini, ternyata masih banyak juga moral generasi bangsa jauh dari apa yang diharapkan. Jika dilihat dari media yang menginformasikan, tidak sedikit generasi muda yang melakukan tindakan amoral seperti narkoba, seks bebas, mabuk–mabukan, dan tawuran, serta kurangnya kesadaran beragama (menjalankan kewajiban agama). Hal ini perlu adanya upaya untuk mencegah dari semua hal yang demikian, salah satunya adalah peran orang tua untuk membimbing dan mengarahkan anaknya supaya menjadi anak yang baik (berkarakter). Permasalahan yang dibahas dalam tesis ini adalah Bagaimana implementasi pendidikan karakter dalam keluarga di Asrama Brimob Pekalongan? Kendala atau hambatan apa sajakah yang dihadapi dalam mengimplementasi pendidikan karakter di Asrama Brimob Pekalongan? Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui implementasi pendidikan karakter dalam keluarga di Asrama Brimob Pekalongan, mengetahui kendala atau hambatan yang dihadapi dalam mengimplementasi pendidikan karakter di Asrama Brimob Pekalongan. Pendekatan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan fenomenologi, sedangkan jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan (field research). Sumber data yang diperoleh dari orang tua di Asrama Brimob Pekalongan dan sumber lain yang berkaitan dengan pendidikan karakter. Metode pengumpulan data yaitu observasi partisipasi, wawancara mendalam, dokumentasi. Data yang dikumpulkan kemudian diolah melalui tiga tahap yakni reduksi data, display data, dan verifikasi data, lalu ditarik kesimpulan dan dianalisis secara kualitatif (teknik analisis model interaktif). Dari hasil penelitian ditemukan bahwa Implementasi pendidikan karakter di Asrama Brimob Pekalongan melalui proses pembiasaan yang menjadi bagian pola kehidupan keluarga di keluarga tersebut dengan metode cerita, pembiasaan, dan keteladanan. Materi pendidikan karakternya meliputi aspek keagamaan (aqidah dan ibadah), akhlak dan hubungan atau perilaku sosial. Kendala atau hambatan implementasi pendidikan karakter di Asrama Brimob Pekalongan adalah adanya keberagaman pola sikap dan perilaku orangtua dengan berbagai macam latar belakang, orang tua mendapatkan tugas di luar kota yang menyebabkan perhatian pada anak kurang maksimal sehingga, faktor lingkungan yang sempit artinya hanya sekitar lingkungan asrama saja anak-anak bersosialnya terbatas.