Kompetensi Pedagogik Guru Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Al-Ikhlas Lebakbarang Kabupaten Pekalongan
Daftar Isi:
- Guru sebagai pendidik memiliki karakteristik kepribadian yang sangat berpengaruh terhadap keberhasilan pengembangan sumber daya manusia. Untuk menjadi guru diperlukan syarat-syarat khusus. Salah satu syarat yang harus dimiliki guru adalah kompetensi pedagogik. Rumusan maslah dalam penelitian ini ada dua yaitu: bagaimana kompetensi pedagogik guru taman pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Al-Ikhlas Lebakbarang Kabupaten Pekalongan, yang kedua yaitu faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kompetensi pedagogik guru Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Al-Ikhlas Lebakbarang Kabupaten Pekalongan. Tujuan penelitian ini adalah: yang pertama untuk mengetahui kompetensi pedagogik yang dimiliki guru TPQ Al-Ikhlas Lebakbarang, yang kedua yaitu untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kompetensi pedagogik guru TPQ Al-Ikhlas Lebakbarang. Kegunaan yang dapat diambil dari penelitian ini antara lain: secara teoritis yaitu untuk memperkaya khazanah pemikiran tentang kompetensi pedagogik guru, menambah wawasan ilmu pengetahuan kepada masyarakat luar khususnya orang orang yang bergerak di dalam dunia pendidikan dan secara praktis yaitu sebagai bahan masukan bagi pendidik khususnya guru TPQ di dalam meningkatkan kualitas belajar mengajar, sebagai tambahan pengetahuan dan wawasan pengalaman yang luas bagi peneliti dan pembaca. Dalam penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode observasi, metode interview, metode dokumentasi. Untuk menganalisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, verifikasi. Hasil dari penelitian ini dapat dikatakan bahwa kompetensi pedagogik guru harus menguasai kompetensi pedagogik. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi kompetensi pedagogik guru yaitu: pendidikan guru belum standar dan latar belakang pendidikan yang berbeda-beda.