Korelasi Pembelajaran Sejarah Peradaban Islam Dengan Sikap Toleransi Mahasiswa Tarbiyah PAI Angkatan 2012 STAIN Pekalongan
Daftar Isi:
- Skripsi yang berjudul “Korelasi Pembelajaran Sejarah Peradaban Islam Dengan Sikap Toleransi Mahasiswa Tarbiyah PAI Angkatan 2012 STAIN Pekalongan” dilatarbelakangi oleh: Bahwa pembelajaran Sejarah Peradaban Islam pada mahasiswa Tarbiyah PAI sangatlah penting. Dengan pembelajaran Sejarah Peradaban Islam yang baik, akan menumbuhkan sikap toleransi. Terlebih lingkungan STAIN Pekalongan mahasiswanya memiliki organisasi dalam Islam yang berbeda-beda. Itulah yang terkadang memicu hubungan yang tidak harmonis antar mahasiswa. Berdasarkan pemaparan diatas penulis memaparkan masalah yang diteliti : Bagaimana pembelajaran Sejarah Peradaban Islam dan sikap toleransi mahasiswa Tarbiyah PAI angkatan 2012 STAIN Pekalongan? Bagaiman korelasi antara pembelajaran Sejarah Peradaban Islam dengan sikap toleransi mahasiwa Tarbiyah PAI angkatan 2012 STAIN Pekalongan? Dengan tujuan: Untuk mengetahui pembelajaran Sejarah Peradaban Islam dan sikap toleransi mahasiswa Tarbiyah PAI angkatan 2012 STAIN Pekalongan. Untuk mengetahui korelasi pembelajaran Sejarah Peradaban Islam dengan sikap toleransi mahasiswa Tarbiyah PAI angkatan 2012 STAIN Pekalongan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Tarbiyah PAI angkatan 2012 STAIN Pekalongan dengan jumlah 36 mahasiswa. Sedangkan metode pengumpulan data dalam penelitian ini yakni observasi, angket, interview, dokumentasi dan dikuatkan dengan metode Fenomonologi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran Sejarah Peradaban Islam mahasiswa Tarbiyah PAI angkatan 2012 STAIN Pekalongan adalah Cukup, dengan hasil rata-rata 60,2. Sikap toleransi mahasiswa Tarbiyah PAI STAIN Pekalongan angkatan 2012 adalah Cukup, dengan hasil rata-rata 57,91. Setelah dilkonsultasikan dengan “r” tabel, pada taraf signifikan 5 % diperoleh “r” tabel = 0,329 karena nilai rxy = 0,464 maka rxy > r tabel. Selanjutnya pada taraf signifikan 1 % diperoleh “r” tabel = 0,426, sedangkan nilai rxy = 0,464 maka rxy > r tabel. Dari hasil penelitian korelasi positif antara korelasi pembelajaran Sejarah Peradaban Islam dengan sikap toleransi mahasiswa Tarbiyah PAI angkatan 2012 STAIN Pekalongan. Dengan demikian hipotesis yang penulis ajukan (Bahwa terdapat korelasi yang signifikan antara pembelajaran Sejarah Peradaban Islam dengan sikap toleransi mahasiswa Tarbiyah PAI angkatan 2012 STAIN Pekalongan).