Strategi Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Pada Produk Tabungan Tarbiyah di KJKS BMT Bahtera Cabang Pekalonga
ctrlnum |
533 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/533/</relation><title>Strategi Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Pada Produk Tabungan Tarbiyah di KJKS BMT Bahtera Cabang Pekalonga</title><creator>Kamaludin, Rikat Pulung</creator><subject>140299 Applied Economics not elsewhere classified</subject><subject>18012725 Baitul Mal wat Tamwil (BMT)</subject><subject>18012799 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) not elsewhere classified</subject><description>Tabungan tarbiyah merupakan simpanan yang yang ditunjukan kepada lembaga pendidikan, orang tua dari siswa-siswi dan wali kelas. Penarikannya hanya dapat dilakukan pada akhir tahun ajaran yaitu pada bulan juni. Simpanan yang menggunakan akad mudharabah ini dibagi menjadi 2 (dua) yaitu tabungan tarbiyah plus (pribadi) dan tabungan tarbiyah lembaga. Tabungan ini berfungsi sebagai simpanan rencana biaya pendidikan sehingga setorannya menyesuaikan dengan kebutuhan rencana pendidikan calon anggotannya.
Bedasarkan hal tersebut, permasalah yang dibahas dalam tugas akhir ini adalah tentang bagaimanan strategi bauran pemasaran (marketing mix) di KJKS pada produk tabungan tarbiyah di KJKS BMT Bahtera cabang Pekalongan. Tujuan dari Penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi bauran pemasaran (marketing mix) yang pada tabungan tarbiyah di KJKS BMT Bahtera Pekalongan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), Maka penulis dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif sebagai prosedur yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Sumber data diperoleh melalui sumber data primer, dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan dalam menganalisis data menggunakan analisis data induktif dan analisis data deskripif. Maka penulis dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif sebagai prosedur yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Sumber data diperoleh melalui sumber data primer, dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan dalam menganalisis data menggunakan analisis data induktif dan analisis data deskripif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa KJKS BMT Bahtera cabang pekalongan menerapkan elemen 7P dalam bauran pemasaran yaitu meliputi : produk (produck), harga (price), distribusi (place), promosi (promotion), orang (people), bukti fisik (physicial evidence) dan proses (process) untuk meningkatkan jumlah anggota dari tahun ke tahunnya. Selain menerapkan strategi marketing mix pada produk tabungan tarbiyah KJKS BMT Bahtera cabang Pekalongan menerapkan pentingnya segmen pemasaran, target pemasaran, dan posisi pemasaran untuk menjadikan produk tabungan tarbiyah sebagai produk unggulan dari KJKS BMT Bahtera cabang Pekalongan.</description><date>2015-10-27</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/533/1/1.Cover%20%28Print%29.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/533/2/2.PERNYATAAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/533/3/3.NOTA%20PEMBIMBING.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/533/4/4.%20PENGESAHAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/533/5/10.Daftar%20Isi.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/533/6/12.BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/533/7/13.BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/533/8/14.BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/533/9/15.BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/533/10/16.BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/533/11/17.Daftar%20Pustaka.pdf</identifier><identifier> Kamaludin, Rikat Pulung (2015) Strategi Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Pada Produk Tabungan Tarbiyah di KJKS BMT Bahtera Cabang Pekalonga. Diploma thesis, STAIN Pekalongan. </identifier><relation>http://perpustakaan.stain-pekalongan.ac.id/</relation><recordID>533</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Kamaludin, Rikat Pulung |
title |
Strategi Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Pada Produk Tabungan Tarbiyah di KJKS BMT Bahtera Cabang Pekalonga |
publishDate |
2015 |
topic |
140299 Applied Economics not elsewhere classified 18012725 Baitul Mal wat Tamwil (BMT) 18012799 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) not elsewhere classified |
url |
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/533/1/1.Cover%20%28Print%29.pdf http://elc.stain-pekalongan.ac.id/533/2/2.PERNYATAAN.pdf http://elc.stain-pekalongan.ac.id/533/3/3.NOTA%20PEMBIMBING.pdf http://elc.stain-pekalongan.ac.id/533/4/4.%20PENGESAHAN.pdf http://elc.stain-pekalongan.ac.id/533/5/10.Daftar%20Isi.pdf http://elc.stain-pekalongan.ac.id/533/6/12.BAB%20I.pdf http://elc.stain-pekalongan.ac.id/533/7/13.BAB%20II.pdf http://elc.stain-pekalongan.ac.id/533/8/14.BAB%20III.pdf http://elc.stain-pekalongan.ac.id/533/9/15.BAB%20IV.pdf http://elc.stain-pekalongan.ac.id/533/10/16.BAB%20V.pdf http://elc.stain-pekalongan.ac.id/533/11/17.Daftar%20Pustaka.pdf http://elc.stain-pekalongan.ac.id/533/ http://perpustakaan.stain-pekalongan.ac.id/ |
contents |
Tabungan tarbiyah merupakan simpanan yang yang ditunjukan kepada lembaga pendidikan, orang tua dari siswa-siswi dan wali kelas. Penarikannya hanya dapat dilakukan pada akhir tahun ajaran yaitu pada bulan juni. Simpanan yang menggunakan akad mudharabah ini dibagi menjadi 2 (dua) yaitu tabungan tarbiyah plus (pribadi) dan tabungan tarbiyah lembaga. Tabungan ini berfungsi sebagai simpanan rencana biaya pendidikan sehingga setorannya menyesuaikan dengan kebutuhan rencana pendidikan calon anggotannya.
Bedasarkan hal tersebut, permasalah yang dibahas dalam tugas akhir ini adalah tentang bagaimanan strategi bauran pemasaran (marketing mix) di KJKS pada produk tabungan tarbiyah di KJKS BMT Bahtera cabang Pekalongan. Tujuan dari Penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi bauran pemasaran (marketing mix) yang pada tabungan tarbiyah di KJKS BMT Bahtera Pekalongan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), Maka penulis dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif sebagai prosedur yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Sumber data diperoleh melalui sumber data primer, dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan dalam menganalisis data menggunakan analisis data induktif dan analisis data deskripif. Maka penulis dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif sebagai prosedur yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Sumber data diperoleh melalui sumber data primer, dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan dalam menganalisis data menggunakan analisis data induktif dan analisis data deskripif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa KJKS BMT Bahtera cabang pekalongan menerapkan elemen 7P dalam bauran pemasaran yaitu meliputi : produk (produck), harga (price), distribusi (place), promosi (promotion), orang (people), bukti fisik (physicial evidence) dan proses (process) untuk meningkatkan jumlah anggota dari tahun ke tahunnya. Selain menerapkan strategi marketing mix pada produk tabungan tarbiyah KJKS BMT Bahtera cabang Pekalongan menerapkan pentingnya segmen pemasaran, target pemasaran, dan posisi pemasaran untuk menjadikan produk tabungan tarbiyah sebagai produk unggulan dari KJKS BMT Bahtera cabang Pekalongan. |
id |
IOS2761.533 |
institution |
IAIN Pekalongan |
institution_id |
324 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan IAIN Pekalongan |
library_id |
236 |
collection |
STAIN Pekalongan Electronic Local Content |
repository_id |
2761 |
subject_area |
Agama Ekonomi Hukum |
city |
PEKALONGAN |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2761 |
first_indexed |
2016-10-05T06:44:30Z |
last_indexed |
2016-10-05T06:44:30Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765831024298688512 |
score |
17.538404 |