Daftar Isi:
  • Keberhasilan sebuah perbankan sangat detentukan oleh kepuasan nasabah. Untuk mencapai tingkat kepuasan yang tinggi, diperlukan aanya pemahaman tentang apa yang diinginkan nasabah. Hadiahtabungansimpananidulfitrisebenarnyabukanmasalah yang amatsulitakantetapiapabilakurangdiperhatikanakanmengurangitingkatkepuasannasabah.Kepuasannasabahsangatberpengaruhpadakelancaransesuatuusahatertentu.Tanpanasabahataupelanggan, suatulembagakeuangantidakbisaberjalandenganlancar.Karenapadahakikatnyanasabahlah yang menjadipemeranutamadalamlembagakeuangankhususnya di bank syariahdan BMT. Permasalah yang akandiungkapdalampenelitianiniadalahbagaimanakriteriahadiahsimpananidulfitri di BMT An Najahwiradesadanbagaimanapengaruh kepuasannasabahterhadaphadiahsimpananidulfitri di BMT An NajahWiradesa?.Tujuan yang ingindicapaidalampenelitianiniadalah bagaimana kriteria hadiah sifitri danmengetahui seberapabesarpengaruh kepuasannasabahterhadaphadiahsimpananidulfitri. Penelitianinimenggnakan pendekatankuantitatifkarenapenelitianinidilakukandenganpengumpulan data berupaangka.Penelitianinidilakukandengan metode surveidengan caramenyebarkankuesionerkepadanasabahsebagairesponden yang dijadikansampel.Jumlahsampeldalampenelitianinisebanyak 50 nasabahsecaraacak. Hasilpenelitianditentukandenganduavariabeldimanavariabelhadiahsimpananidulfitri (x) sebagaivariabelindependendankepuasannasabah (y) sebagaivariabeldependen.Berdasarkan analisis data menggunakan alat bantu program SPSS 21 diperoleh koefisiensi determinasi (R2) sebesar 0,569. Arti dari koefisinsi ini adalah bahwa sumbangan relatif yang diberikan oleh variabel X terhadap Y adalah sebesar 56,9%