Implementasi Kurikulum 2013 Mata Pelajaran PAI Dan Budi Pekerti Di Sekolah Dasar Negeri Kauman 07 Batang
Daftar Isi:
- Tidak bisa dipungkiri bahwa perubahan kurikulum selalu mengarah pada perbaikan sistem pendidikan. Perubahan tersebut dilakukan karena dianggap belum sesuai dengan harapan yang diinginkan sehingga perlu adanya revitalisasi kurikulum. Usaha tersebut mesti dilakukan demi menciptakan generasi masa depan berkarakter, yang memahami jati diri bangsanya dan menciptakan anak yang unggul, mampu bersaing di dunia internasional. Oleh karena itu, kajian penulis dalam penelitian ini adalah Implementasi Kurikulum 2013 Mata Pelajaran PAI Dan Budi Pekerti di Sekolah Dasar Negeri Kauman 07 Batang. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap serta mendiskripsikan proses pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar Negeri Kauman 07 Batang, faktor-faktor yang mendukung pelaksanaan Kurikulum 2013 Mata Pelajaran PAI Dan Budi Pekerti di Sekolah Dasar Negeri Kauman 07 Batang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan memberikan penjelasan data yang dikumpulkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi Kurikulum 2013 Mata Pelajaran PAI Dan Budi Pekerti dilaksanakan di SD Negeri Kauman 07 Batang. Tahapan dari implemetasi kurikulum 2013 pada proses pembelajaran mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti ini meliputi tahap perencanaan pembelajaran, tahap pelaksanaan pembelajaran . Implementasi Kurikulum 2013 di SD Negeri Inti Kecamatan Batang dipengaruri oleh dua faktor yaitu Internal dan eksternal. Faktor internal terdiri dari: Kesiapan dari satuan pendidikan, mindset guru dalam melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan saintifik, dan penilaian autentik. Kesiapan warga sekolah untuk beradaptasi dengan model kurikulum 2013. Sedangkan faktor eksternalnya yaitu pendampingan dari pemerintah.