UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENCAPAI VISI DAN MISI SEKOLAH (Studi di SD Negeri 03 Pododadi Karanganyar)
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi dengan peran kepala sekolah sebagai pemimpin yang mencerminkan tanggung jawab untuk menggerakkan seluruh sumber daya yang ada di sekolah, sehingga lahir etos kerja dan produktifitas yang tinggi dalam mencapai tujuan. Fungsi kepemimpinan ini sangat penting, sebab selain sebagai penggerak juga berperan untuk melakukan kontrol segala aktifitas guru (dalam rangka meningkatkan profesionalitas mengajar) staf dan siswa, sekaligus untuk meneliti perosalan-persoalan yang timbul di lingkungan sekolah Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah Kepala Sekolah sebagai upaya dalam mencapai visi dan misi sekolah di SD Negeri 03 Pododadi Karanganyar Pekalongan, mengetahui Pencapaian Visi dan Misi sekolah di SD Negeri 03 Pododadi Karanganyar Pekalongan, mengetahui faktor-faktor yang mendukung dan menghambat pencapaian visi dan misi sekolah di SD Negeri 03 Pododadi Karanganyar Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan, dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan pendekatan deduktif-induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Langkah-langkah kepala sekolah dalam upaya pencapaian visi dan misi SDN 03 Pododadi sudah baik. Langkah-langkah tersebut meliputi mewujudkan kepemimpinan profesional, membuat standar pencapaian visi dan misi, menjalin hubungan kerjasama dengan komite sekolah dan masyarakat dalam pemenuhan fasilitas dan pelayanan pendidikan. Pencapaian visi dan misi SDN 03 Pododadi tergolong sudah berhasil. Hal ini ditandai dengan adanya indikator pencapaian visi dan misi SDN 03 Pododado Karanganyar Pekalongan seperti siswa berprestasi baik akademik maupun non akademik, penguasaan sumber belajar baik konvensional maupun elektronik serta manajemen sekolah yang sudah semakin profesional. Selain itu, sekolah memiliki program-program yang dapat mendukung pencapaian visi dan misi pendidikan di antaranya 1) Program peningkatan mutu sumber daya manusia yang ditujukan guru dan karyawan agar mereka dapat lebih optimal dalam menjalankan tugas-tugas kependidikannya. 2) Program pembinaan prestasi siswa yaitu dengan memberikan bimbingan secara efektif kepada siswa berprestasi dan bimbingan khusus kepada siswa yang kesulitan belajar Dalam upaya pencapaian visi dan misi sekolah, kepala SDN 03 Pododadi tidak dapat lepas dari beberapa kendala. Oleh karena itu, SD Negeri 03 Pododadi Karanganyar harus tetap optimis dan komitmen terhadap pencapaian visi dan misi sekolah sehingga hambatan itu dapat sedikit demi sedikit teratasi dan visi dan misi sekolah dapat dicapai secara sempurna. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi mahasiswa, para tenaga pengajar, para peneliti, dan semua pihak yang membutuhkan