ctrlnum 471
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/471/</relation><title>IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER&#xD; BERBASIS NILAI-NILAI ISLAM&#xD; DI SMP IT SUBHANAH SUBAH BATANG</title><creator>Setiawan, Dwi</creator><subject>130106 Secondary Education</subject><subject>130211 Religion Curriculum and Pedagogy</subject><description>Pendidikan karakter adalah upaya untuk menjadikan suatu kekuatan yang muncul dari dalam hati manusia yang tercermin dari tingkah laku yang lahir tanpa memerlukan pemikiran terlebih dahulu, yang dalam pelaksanaannya sudah menjadi kebiasaan. Apabila perbuatan itu baik maka itu disebut dengan karakter yang baik, dan apabila buruk maka disebut dengan karakter yang buruk.&#xD; Penggunaan nilai-nilai Islam sebagai basis bagi pendidikan karakter di negara Indonesia adalah sebuah keniscayaan. Karena bangsa Indonesia adalah negara yang berlandaskan pancasila, dimana nilai-nilai ketuhanan memiliki posisi yang utama dan djadikan sebagai sila pertama dalam pancasila.&#xD; Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah field reaserch atau penelitian lapangan. Pengumpulan datanya dilakukan dengan metode observasi, interview dan dokumentasi. Data-data yang diperoleh kemudian diolah dengan tekhnik interaktif, dengan langkah-langkah reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan.&#xD; Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa (1) konsep pendidikan karakter di SMP IT Subhanah Subah Batang meliputi (a) definisi pendidikan karakter yang dipakai di SMP IT Subhanah Subah adalah &#x201C;Pendidikan untuk membentuk kepribadian seseorang menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa, berakhlak mulia serta berilmu pengetahuan dan mampu menguasai tekhnologi sesuai dengan perkembangan zaman, proses pendidikan tersebut berlandaskan nilai-nilai Islam&#x201D;. (b) Dasar-dasar yang digunakan adalah berasal dari dasar-dasar agama atau dasar-dasar teologis dan dasar-dasar dari peraturan perundangan yang berlaku atau dasar konstitusional. (c) Modelnya dengan dua cara (i) mengembangkan mata peajaran Pendidikan Agama Islam (ii) mengintegrasikan nilai-nilai Islam ke dalam mata pelajaran umum. (d) Tujuannya mengacu kepada visi dan misi, kemudian dijabarkan ke dalam tujuan masing-masing urusan. (2) Implementasi pendidikan karakter berbasis nilai-nilai Islam meliputi (a) perencanaan meliputi perencanaan yang dilakukan oleh (i) sekolah, yaitu penyiapan kurikulum, tenaga pendidik dan kependidikan, sarana dan prasarana, peserta didik dan pembiayaan. (ii) perencanaan yang dilakukan oleh guru meliputi pembuatan program tahunan dan program semester, sylabus, RPP dan evaluasi. (b) Implementasi dibidang pengorganisasian meliputi pembagian tugas, pembagian beban kerja dan hubungan kerja. (c) Implementasi di bidang kegiatan belajar mengajar meliputi kegiatan intrakulikuler, kokulikuler dan ekstrakulikuler.(d) implementasi dibidang evaluasi meliputi evaluasi hasil belajar dan evaluasi sikap dan tingkah laku.(3) Dampak pelaksanaan pendidikan karakter berbasis nilai-nilai Islam peserta didik memiliki(a) nilai yang bagus pada penilaian hasil belajar. (b) memiliki nilai yang bagus pada penilaian sikap dan tingkah laku.</description><date>2014-12-24</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/471/1/1.%20Judul.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/471/2/2.%20Pengesahan.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/471/3/3.%20Persetujuan%20sidang%20tesis.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/471/4/4.%20Lembar%20Keaslian.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/471/5/8.%20Daftar%20Isi.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/471/6/11.BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/471/7/12.BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/471/8/13.BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/471/9/14.BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/471/10/15.BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/471/11/16.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Setiawan, Dwi (2014) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS NILAI-NILAI ISLAM DI SMP IT SUBHANAH SUBAH BATANG. Masters thesis, STAIN Pekalongan. </identifier><relation>http://perpustakaan.stain-pekalongan.ac.id/</relation><recordID>471</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Setiawan, Dwi
title IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS NILAI-NILAI ISLAM DI SMP IT SUBHANAH SUBAH BATANG
publishDate 2014
topic 130106 Secondary Education
130211 Religion Curriculum and Pedagogy
url http://elc.stain-pekalongan.ac.id/471/1/1.%20Judul.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/471/2/2.%20Pengesahan.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/471/3/3.%20Persetujuan%20sidang%20tesis.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/471/4/4.%20Lembar%20Keaslian.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/471/5/8.%20Daftar%20Isi.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/471/6/11.BAB%20I.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/471/7/12.BAB%20II.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/471/8/13.BAB%20III.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/471/9/14.BAB%20IV.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/471/10/15.BAB%20V.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/471/11/16.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/471/
http://perpustakaan.stain-pekalongan.ac.id/
contents Pendidikan karakter adalah upaya untuk menjadikan suatu kekuatan yang muncul dari dalam hati manusia yang tercermin dari tingkah laku yang lahir tanpa memerlukan pemikiran terlebih dahulu, yang dalam pelaksanaannya sudah menjadi kebiasaan. Apabila perbuatan itu baik maka itu disebut dengan karakter yang baik, dan apabila buruk maka disebut dengan karakter yang buruk. Penggunaan nilai-nilai Islam sebagai basis bagi pendidikan karakter di negara Indonesia adalah sebuah keniscayaan. Karena bangsa Indonesia adalah negara yang berlandaskan pancasila, dimana nilai-nilai ketuhanan memiliki posisi yang utama dan djadikan sebagai sila pertama dalam pancasila. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah field reaserch atau penelitian lapangan. Pengumpulan datanya dilakukan dengan metode observasi, interview dan dokumentasi. Data-data yang diperoleh kemudian diolah dengan tekhnik interaktif, dengan langkah-langkah reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa (1) konsep pendidikan karakter di SMP IT Subhanah Subah Batang meliputi (a) definisi pendidikan karakter yang dipakai di SMP IT Subhanah Subah adalah “Pendidikan untuk membentuk kepribadian seseorang menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa, berakhlak mulia serta berilmu pengetahuan dan mampu menguasai tekhnologi sesuai dengan perkembangan zaman, proses pendidikan tersebut berlandaskan nilai-nilai Islam”. (b) Dasar-dasar yang digunakan adalah berasal dari dasar-dasar agama atau dasar-dasar teologis dan dasar-dasar dari peraturan perundangan yang berlaku atau dasar konstitusional. (c) Modelnya dengan dua cara (i) mengembangkan mata peajaran Pendidikan Agama Islam (ii) mengintegrasikan nilai-nilai Islam ke dalam mata pelajaran umum. (d) Tujuannya mengacu kepada visi dan misi, kemudian dijabarkan ke dalam tujuan masing-masing urusan. (2) Implementasi pendidikan karakter berbasis nilai-nilai Islam meliputi (a) perencanaan meliputi perencanaan yang dilakukan oleh (i) sekolah, yaitu penyiapan kurikulum, tenaga pendidik dan kependidikan, sarana dan prasarana, peserta didik dan pembiayaan. (ii) perencanaan yang dilakukan oleh guru meliputi pembuatan program tahunan dan program semester, sylabus, RPP dan evaluasi. (b) Implementasi dibidang pengorganisasian meliputi pembagian tugas, pembagian beban kerja dan hubungan kerja. (c) Implementasi di bidang kegiatan belajar mengajar meliputi kegiatan intrakulikuler, kokulikuler dan ekstrakulikuler.(d) implementasi dibidang evaluasi meliputi evaluasi hasil belajar dan evaluasi sikap dan tingkah laku.(3) Dampak pelaksanaan pendidikan karakter berbasis nilai-nilai Islam peserta didik memiliki(a) nilai yang bagus pada penilaian hasil belajar. (b) memiliki nilai yang bagus pada penilaian sikap dan tingkah laku.
id IOS2761.471
institution IAIN Pekalongan
institution_id 324
institution_type library:university
library
library Perpustakaan IAIN Pekalongan
library_id 236
collection STAIN Pekalongan Electronic Local Content
repository_id 2761
subject_area Agama
Ekonomi
Hukum
city PEKALONGAN
province JAWA TENGAH
repoId IOS2761
first_indexed 2016-10-05T06:44:30Z
last_indexed 2016-10-05T06:44:30Z
recordtype dc
_version_ 1765831023781740544
score 17.538404