Daftar Isi:
  • Secara umum penelitian ini di latarbelakangi oleh pemikiran mengenai mengajari atau membimbing anak belajar membaca sejak usia dini sangat baik dilakukan. Karena pada usia tersebut anak sedang mengalami masa keemasan. Anak memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan mudah menyerap segala hal yang diajarkan dengan baik. Belajar adalah kegiatan yang sangat serius namun mengasyikan. Kemampuan otak untuk menyerap informasi sangat tidak terbatas. Semua anak ingin meyerap informasi apa saja yang ada di sekelilingnya dan belajar membaca adalah salah satu cara untuk mendapatkan informasi tersebut. Ada sebuah teori baru yang layak diketahui oleh para orang tua dan guru, yaitu tentang mengajari anak agar bisa membaca meskipun mereka masih berusia dini. Teori ini ditemukan pertama kali oleh Glenn Domain (1998), seorang pendiri The Institute for The Achieveement of Human Potential di Philadelphia dan penulis, buku How to Teach Your Baby to Read. Konsep metode Cantol Roudhoh di Denasri batang anak belajar membaca melalui beberapa tahap. Ada tahap A yang awal, anak belajar suku kata. Tahap B yang kedua anak belajar penggabungan konsonan, dan tahap C yang ketiga anak belajar membaca cepat. Metode Cantol Roudhoh metode yang menarik untuk anak belajar membaca, alat peraga yang digunakanpun menarik untuk anak belajar. Kegiatan belajar membaca dan menulis anak melalui metode Cantol Roudhoh sangat mengasyikan bagi anak, karena anak belajar sambil bermain, melalui lagu, cerita dan permainan yang menarik bagi anak. Jadi anak tidak merasa bosan dan jenuh. Bagi anak yang masih tahap awal menulis anak menulis dengan menebalkan huruf-huruf dan suku kata, selanjutnya bertahap. Dari hasil penelitian implikasi metode Cantol Roudhoh terhadap kemampuan kegiatan belajar membaca dan menulis anak di cabang Roudhoh batang anak belajar 1 minggu ada 3 kali pertemuan dalam 1 jam. Anak belajar melalui beberapa tahapan , tahap A,B, dan C dalam waktu kurang lebih 4 bulan anak dapat membaca. Sedangkan untuk mempermudah penelitian ini, metode penelitian yang penulis ajukan adalah bersifat kualitatif dengan pengolahan datanya dilakukan secara rasional mengunakan pola berfikir induktif. Jenis penelitian yang penulis gunakan dengan metode deskriptif yaitu dengan cara menggambarkan, memaparkan keadaan subjek dan objek penelitian berdasarkan fakta-fakta yang tampak sebagaimana adanya. Sedangkan pengumpulan datanya menggunakan teknik studi kepustakaan, observasi, dokumentasi, dan interview. Analisis data yang penulis gunakan dengan teknik deskripsi kualitatif. Dari penelitian yang penulis lakukan dengan judul ”Implikasi Metode Cantol Roudhoh Terhadap Kegiatan Belajar Membaca Dan Menulis Anak Di Lembaga Pendidikan Pra Sekolah Roudhoh Denasri Kulon Kab.Batang” dapat disimpulkan bahwa aktifiats membaca dan menulis merupakan aktifitas yang kompleks yang mencakup fisik (gerakan mata dan ketajaman penglihatan), aktivitas mental (daya ingat). Pemberian stimulus untuk mengembangkan kemampuan membaca dan berhitung sangat penting untuk dilakukan sejak usia dini.