Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh variabel faktor-faktor fundamental, yaitu ROE, NPM, DER, dan TATO terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi (Consumer Goods) Yang terdaftar pada Daftar Efek Syariah (DES) tahun 2009 - 2013. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Jumlah sampel sebanyak 16 perusahaan dari 32 Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi (Consumer Goods) yang terdaftar pada Daftar Efek Syariah (DES) tahun 2009 - 2013. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari publikasi laporan keuangan yang diperoleh dari situs resmi Bursa Efek Indonesia (www.idx.co.id). Sementara teknik analisis yang digunakan dengan analisis regresi berganda serta uji hipotesis menggunakan uji t parsial dan uji F dengan taraf signifikansi 5% (0,05) serta uji determinasi (R2). Dan alat analisis yang digunakan SPSS v.16. Dari hasil analisis secara parsial menunjukkan bahwa hasil uji t Return on Equity (ROE) sebesar 4,038 dengan tingkat signifikansi 0,000 ini berarti variabel ROE berpengaruh secara positif terhadap nilai Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi (Consumer Goods) yang terdaftar pada Daftar Efek Syariah (DES) tahun 2009 - 2013 pada tingkat signifikansi 5%. Untuk nilai uji t variabel Net Profit Margin (NPM), Debt to Equity Ratio (DER) dan Total Asset Turnover (TATO) secara berturut-turut sebesar -0,991, -0,389, dan 1,083 dengan nilai signifikansi sebesar 0,325, 0,698, dan 0,282 ini berarti variabel tidak berpengaruh terhadap nilai Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi (Consumer Goods) yang terdaftar pada Daftar Efek Syariah (DES) tahun 2009 - 2013. Sedangkan secara simultan kelima variabel tersebut bersama-sama berpengaruh terhadap nilai perusahaan dengan kemampuan prediksi sebesar 44,6% sedangkan sisanya 55,4% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukkan ke dalam model penelitian ini.