Analisis Preferensi Nasabah Dalam Pengambilan Pembiayaan Modal Kerja Di Baitul Maal Wat Tam Wil (BMT) (Studi Kasus: Umkm Desa Simbang Wetan Kecamatan Buaran)
Daftar Isi:
- UMKM merupakan salah satu faktor utama ekonomi di Indonesia, jumlah UMKM yang dari tahun ketahun semakin meningkat. Meski dari tahun ketahun semakin meningkat, tetapi terdapat masalah utama yang sering dialami oleh pelaku UMKM yaitu masalah permodalan. Munculnya BMT sebagai lembaga Keuangan yang berbasis Islam bisa dijadikan alternatif oleh UMKM untuk melakukan pembiayaan modal kerja. Tujuan peneltian ini adalah untuk mengetahui apakah bagi hasil, pelayanan dan promosi Mempengaruhi Nasabah Dalam Melakukan Pembiayaan Modal Kerja Di Baitul Maal wat Tamwil (BMT)(Studi Kasus: UMKM Desa Simbang Wetan Kecamatan Buaran). Sampel penelitian adalah 50 UMKM sebagai responden dengan kriteria sebagai nasabah BMT di Pekalongan. Metode kuantitatif data primer. Dengan menggunakan uji validitas dan realibilitas untuk mengukur setiap instrumen pertanyaan, serta membandingkan hasil uji asumsi klasik yang terdiri atas uji normalitas, uji multikolinearitas, uji autokorelasi, dan uji heteroskedastisitas. Menggunakan uji Regresi linear berganda dan uji t dan uji F dengan tingkat signifikan 5 %. Analisis ini dilakukan dengan bantuan program SPSS 21 for windows. Secara parsial, bagi hasil berpengaruh terhadap preferensi nasabah menganbil pembiayaan di BMT, dengan tingkat signifikansi 0,048 < 0,05. Secara parsial, pelayanan berpengaruh terhadap preferensi nasabah menganbil pembiayaan di BMT, dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. Secara parsial, bagi hasil berpengaruh terhadap preferensi nasabah menganbil pembiayaan di BMT, dengan tingkat signifikansi 0,275 > 0,05. Secara simultan variabel bagi hasil, pelayanan dan promosi secara bersama-sama berpengaruh terhadap preferensi nasabah UMKM mengambil pembiayaan modal kerja di BMT. Dengan perhitungan 9,431 lebih besar dari 2,8 dan tingkat signifikansinya 0,000 lebih kecil dari 0,05. Dari hasil pengujian koefisien determinasi R2 dapat diketahui nilai Adjusted R2 sebesar 0,324 yang memiliki arti bahwa dalam penelitian ini, variabel independen yaitu bagi hasil, pelayanan dan promosi mempunyai sumbangan efektif sebesar 38,1 % terhadap preferensi nasabah. Sisanya 61,9 % ditentukan oleh faktor-faktor lain yang tidak diungkapkan dalam penelitian ini.