Daftar Isi:
  • Usia dini merupakan usia yang sangat penting dalam perkembangan anak sehingga perlu adanya bimbingan dan pendidikan. Permasalah anak usia dini dalam pendidikan diantaranya bahwa pendidikan anak usia dini yang masih manja dan hanya bermain dan bernyanyi saja namun sesungguhnya anak usia dini perlu diajari kemandirian. Strategi guru menjadi factor penting dalam melatih kemandirian anak, dimana guru dituntut memberikan bentuk kegiatan yang dapat melatih kemandirian anak. Oleh karena itu, tantangan bagi pendidikan anak usia dini adalah bagaimana strategi guru dalam melatih kemandirian anak usia dini. Penelitian ini mengangkat permasalahan tentang bagaimana strategi guru dalam melatih kemandirian anak usia dini dan faktor pendukung dan penghambat dalam melatih kemandirian anak usia dini di RA Muslimat NU Pakisputih Kedungwuni? tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi guru dalam melatih kemandirian anak usia dini dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam melatih kemandirian anak usia dini di RA Muslimat NU Pakisputih Kedungwuni. Kegunaan dari hasil penelitian ini antara lain: dapat menambah wawasan serta pengetahuan bagi para pembaca pada umumnya dan bagi penulis sendiri pada khususnya tentang kemandirian anak, dan dapat dijadikan pedoman, dasar, tolok ukur serta landasan bagi penelitian selanjutya sesuai dengan hal-hal yang berkaitan dengan pembelajaran. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian lapangan (field reseach). Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumen. Jenis analisis data yang digunakan yaitu analisis induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru dalam melatih kemandirian anak usia dini dapat dilihat dari proses pembelajaran, bentuk kegiatan kemandirian anak, dan strategi guru. Adapun bentuk kegiatan kemandirian anak cukup baik seperti diberlakukannya area bebas dari orang tua selama kegiatan belajar berlangsung, mengadakan kegiatan makan bersama setiap sebulan sekali, kunjungan karya wisata, dan kegiatan ekstrakulikuler. Faktor pendukung strategi guru dalam melatih kemandirian anak usia dini adalah kebijakan progam sekolah yang baik, kecerdasan kognitif pada siswa, dan peran guru di sekolah. Sedangkan faktor penghambat guru dalam melatih kemandirian anak usia dini adalah pola asuh orang tua yang berlebihan, faktor lingkungan masyarakat yang kurang mendukung, perbedaan karakter pada anak.