Daftar Isi:
  • Pengembangan pendidikan karakter bagi para siswa diwujudkan pada kualitas pelaksanaan proses belajar-mengajar yang dilakukan pendidik. Setiap orang yang berkepentingan dengan dunia pendidikan tentu berharap agar setiap siswa dapat mencapai prestasi belajar yang sebaik-baiknya sesuai dengan kemampuan masing-masing siswa. Adapun yang menjadi perumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah; (1) Bagaimana pengembangan pendidikan karakter di SDN Kajongan Kajen Kabupaten Pekalongan? (2) Bagaimana prestasi belajar PAI siswa kelas V SDN Kajongan Kajen Kabupaten Pekalongan? (3) Bagaimana korelasi antara pendidikan karakter dengan prestasi belajar PAI siswa kelas V SDN Kajongan Kajen Kabupaten Pekalongan. Yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Pengembangan pendidikan karakter di SDN Kajongan Kajen Kabupaten Pekalongan (2) Prestasi belajar PAI siswa kelas V SDN Kajongan Kajen Kabupaten Pekalongan (3) Korelasi antara pendidikan karakter dengan prestasi belajar PAI siswa kelas V SDN Kajongan Kajen Kabupaten Pekalongan. Kegunaan secara praktis dari penelitian dapat dijadikan pedoman bagi peneliti lain untuk mengembangkan pendidikan karakter bagi peningkatan prestasi belajar siswa, khususnya dalam mapel PAI Adapun jenis penelitian dari penulisan skripsi ini adalah penelitian lapangan, dimana penelitian yang digunakan adalah kancah kehidupan yang sebenarnya. Pendekatannya dilakukan dengan kuantitatif yang merupakan suatu pendekatan dalam penelitian yang menekankan analisisnya pada bentuk angka atau bilangan. Metode atau teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan metode observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif yaitu yang berwujud angka hasil perhitungan dengan statistika yaitu dengan menggunakan rumus korelasi product moment. Pendidikan karakter yang dikembangkan dalam kegiatan pembelajaran PAI bagi siswa kelas V di SDN Kajongan Kajen Kabupaten Pekalongan yang ditunjukkan dengan sikap Kejujuran, keterampilan, kerajinan dan keberanian satu sama lain ternyata direspon positif dari kalangan siswa. Prestasi belajar PAI dari siswa kelas V di SDN Kajongan Kajen Kabupaten Pekalongan Semester II Tahun Pelajaran 2012/2013 dapat diketahui bahwa nilai rata-rata 77 yang berarti cukup. Ada korelasi yang cukup signifikan antara pendidikan karakter dengan prestasi belajar PAI siswa di SDN Kajongan Kajen Kabupaten Pekalongan Semester II Tahun Pelajaran 2012/2013. Pada taraf signifikan 1 % telah diketahui rxy = 0,611 sedangkan rt = 0,463 sehingga rt < ro atau (0,463 < 0,611). Pada taraf 5 % diketahui rt = 0,361 sedangkan ro = 0.611 sehingga rt < ro atau (0,361 < 0,611).