ctrlnum 36
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/36/</relation><title>Pengaruh Strategi Pembelajaran Langsung Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMP Negeri 5 Batang</title><creator>Santinah, S</creator><subject>130199 Education systems not elsewhere classified</subject><subject>130211 Religion Curriculum and Pedagogy</subject><description>Pembelajaran tidak hanya sekedar kegiatan mentransfer pengetahuan dari guru ke siswa, tetapi bagaimana siswa memaknai apa yang dipelajari itu. Berdasarkan studi yang dilakukan di SMP N 5 Batang bahwa dalam pembelajarannya guru lebih banyak mengunakan metode ceramah khususnya pada mata pelajaran PAI, sehingga siswa merasa cepat bosan. Hal ini berdampak pada rendahnya motivasi belajar siswa. Maka seorang guru seharusnya mampu merancang sebuah pembelajaran yang benar-benar dapat membekali siswa baik pengetahuan secara teoritis maupun praktek yaitu dengan menerapkan strategi pembelajaran langsung.&#xD; Penelitian ini bertujuan:1) mengetahui motivasi belajar siswa SMP Negeri 5 Batang sebelum dan sesudah diterapkannya strategi pembelajaran langsung pada mata pelajaran PAI; 2) mengetahui pelaksanaan strategi pembelajaran langsung pada mata pelajaran pendidikan agama Islam 3) menjelaskan pengaruh strategi pembelajaran langsung pada mata pelajaran PAI terhadap motivasi belajar siswa SMPN 5 Batang. Manfaat penelitian secara teoritis diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam bidang pendidikan terutama dari segi psikologis siswa yaitu motivasi belajar, secara praktis yaitu dapat dijadikan motivasi guru untuk lebih meningkatkan keilmuan dan keterampilan dalam mengajar.&#xD; Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasi Experiment dengan menggunakan rancangan eksperimen Control Group Pretest-Posttest Design . Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Batang , melalui cluster sample maka terpilih kelas VIII A sebagai kelas eksperimen yang mendapat perlakuan strategi pembelajaran langsung dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol yang mendapat pembelajaran konvensional (ceramah). Tekhnik penelitian yang digunakan adalah pelaksanaan strategi pembelajaran langsung dan angket. Analisa data yang digunakan adalah dengan uji t (Paired Samples T Test).&#xD; Hasil paired samples statistics menunjukan bahwa: 1) ada perbedaan motivasi belajar sebelum dan sesudah diberlakukannya strategi pembelajaran langsung pada kelas eksperimen yang ditunjukan dengan hasil rerata motivasi belajar sebesar 70,00 sebelum diberi perlakuan menjadi 75,94 setelah diberi perlakuan; 2) Melalui uji perbedaan Paired Samples Test diketahui t hitung = -5,661 dan signifikansi 0,000, standar deviasi 6,11972, rata-rata antara nilai pre-test dan post-test sebesar -5,94118. Jika melihat dari signifikansi maka Ho ditolak karena signifikansi 0,000 &lt;0,05 artinya terdapat pengaruh strategi pembelajaran langsung terhadap motivasi belajar siswa SMP Negeri 5 Batang. Dari hasil Paired Samples Correlation diketahui korelasi 0,493 dan signifikansi 0,003. Artinya strategi pembelajaran langsung memberi pengaruh terhadap motivasi belajar pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam siswa SMP Negeri 5 Batang dalam kategori sedang.</description><date>2015-04-07</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/36/1/1.%20Cover%20Judul.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/36/2/2.%20Pengesahan.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/36/3/3.%20Pernyataan.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/36/4/7.%20DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/36/5/8.%20BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/36/6/9.%20BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/36/7/10.%20BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/36/8/11.%20BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/36/9/12.%20BAB%20%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/36/10/13.DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Santinah, S (2015) Pengaruh Strategi Pembelajaran Langsung Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMP Negeri 5 Batang. Masters thesis, STAIN Pekalongan. </identifier><relation>http://www.stain-pekalongan.ac.id/</relation><recordID>36</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Santinah, S
title Pengaruh Strategi Pembelajaran Langsung Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMP Negeri 5 Batang
publishDate 2015
topic 130199 Education systems not elsewhere classified
130211 Religion Curriculum and Pedagogy
url http://elc.stain-pekalongan.ac.id/36/1/1.%20Cover%20Judul.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/36/2/2.%20Pengesahan.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/36/3/3.%20Pernyataan.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/36/4/7.%20DAFTAR%20ISI.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/36/5/8.%20BAB%20I.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/36/6/9.%20BAB%20II.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/36/7/10.%20BAB%20III.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/36/8/11.%20BAB%20IV.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/36/9/12.%20BAB%20%20V.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/36/10/13.DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/36/
http://www.stain-pekalongan.ac.id/
contents Pembelajaran tidak hanya sekedar kegiatan mentransfer pengetahuan dari guru ke siswa, tetapi bagaimana siswa memaknai apa yang dipelajari itu. Berdasarkan studi yang dilakukan di SMP N 5 Batang bahwa dalam pembelajarannya guru lebih banyak mengunakan metode ceramah khususnya pada mata pelajaran PAI, sehingga siswa merasa cepat bosan. Hal ini berdampak pada rendahnya motivasi belajar siswa. Maka seorang guru seharusnya mampu merancang sebuah pembelajaran yang benar-benar dapat membekali siswa baik pengetahuan secara teoritis maupun praktek yaitu dengan menerapkan strategi pembelajaran langsung. Penelitian ini bertujuan:1) mengetahui motivasi belajar siswa SMP Negeri 5 Batang sebelum dan sesudah diterapkannya strategi pembelajaran langsung pada mata pelajaran PAI; 2) mengetahui pelaksanaan strategi pembelajaran langsung pada mata pelajaran pendidikan agama Islam 3) menjelaskan pengaruh strategi pembelajaran langsung pada mata pelajaran PAI terhadap motivasi belajar siswa SMPN 5 Batang. Manfaat penelitian secara teoritis diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam bidang pendidikan terutama dari segi psikologis siswa yaitu motivasi belajar, secara praktis yaitu dapat dijadikan motivasi guru untuk lebih meningkatkan keilmuan dan keterampilan dalam mengajar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasi Experiment dengan menggunakan rancangan eksperimen Control Group Pretest-Posttest Design . Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Batang , melalui cluster sample maka terpilih kelas VIII A sebagai kelas eksperimen yang mendapat perlakuan strategi pembelajaran langsung dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol yang mendapat pembelajaran konvensional (ceramah). Tekhnik penelitian yang digunakan adalah pelaksanaan strategi pembelajaran langsung dan angket. Analisa data yang digunakan adalah dengan uji t (Paired Samples T Test). Hasil paired samples statistics menunjukan bahwa: 1) ada perbedaan motivasi belajar sebelum dan sesudah diberlakukannya strategi pembelajaran langsung pada kelas eksperimen yang ditunjukan dengan hasil rerata motivasi belajar sebesar 70,00 sebelum diberi perlakuan menjadi 75,94 setelah diberi perlakuan; 2) Melalui uji perbedaan Paired Samples Test diketahui t hitung = -5,661 dan signifikansi 0,000, standar deviasi 6,11972, rata-rata antara nilai pre-test dan post-test sebesar -5,94118. Jika melihat dari signifikansi maka Ho ditolak karena signifikansi 0,000 <0,05 artinya terdapat pengaruh strategi pembelajaran langsung terhadap motivasi belajar siswa SMP Negeri 5 Batang. Dari hasil Paired Samples Correlation diketahui korelasi 0,493 dan signifikansi 0,003. Artinya strategi pembelajaran langsung memberi pengaruh terhadap motivasi belajar pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam siswa SMP Negeri 5 Batang dalam kategori sedang.
id IOS2761.36
institution IAIN Pekalongan
institution_id 324
institution_type library:university
library
library Perpustakaan IAIN Pekalongan
library_id 236
collection STAIN Pekalongan Electronic Local Content
repository_id 2761
subject_area Agama
Ekonomi
Hukum
city PEKALONGAN
province JAWA TENGAH
repoId IOS2761
first_indexed 2016-10-05T06:44:14Z
last_indexed 2016-10-05T06:44:14Z
recordtype dc
_version_ 1765831020655935488
score 17.538404