MENINGKATKAN PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADIST DENGAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS V MI ISLAMIYAH CLAPAR SUBAH BATANG
Daftar Isi:
- Latar belakang maslah judul skripsi ini adalah bahwa dalam proses pembelajaran yang dilaksanakan di MI Islamiyah Clapar masih menggunakan metode klasik yaitu metode ceramah, tanya jawab dan penugasan sehingga dalam proses pembelajarannya siswa banyak yang merasa bosan dan kurang memperhatikan materi pembelajaran. Peneliti ingin mencoba untuk menerapkan model pembelajaran cooperatif learning tipe Team Game Tournament (TGT) dengan harapan pembelajaran Al-Qur’an Hadist akan meningkat. Rumusan masalahnya adalah bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dalam pembelajaran Qur’an Hadist Kelas V di MI Islamiyah Clapar Subah Batang ? Bagaimana peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an kelas V MI Islamiyah Clapar Subah dalam pembelajaran Qur’an Hadist melalui model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT)? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT) dalam pembelajaran Qur’an Hadist dan peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an kelas V MI Islamiyah Clapar Subah dalam pembelajaran Qur’an Hadist melalui model pembelajaran kooperatiftipe Team Game Tournament (TGT). Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dan jenis penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrumen yang digunakan berupa perangkat pembelajaran, lembar observasi (untuk mengetahui motivasi siswa), lembar wawancara, catatan lapangan, lembar soal tes dan dokumentasi. Pengambilan data dilakukan dengan observasi (aktivitas siswa) dan tes formatif. Subyek dalam penelitian adalah siswa kelas V MI Islamiyah Clapar, Subah, Batang semester genap 2013/2014 yang berjumlah19 siswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis nilai tes formatif menggunakan kriteria ketuntasan belajar Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT) dapat meningkatkan prestasi belajar Al-Qur’an Hadist siswa Kelas V MI Islamiyah Clapar Kecamatan Subah Kabupaten Batang hal ini dibuktikan dengan meningkatnya siswa yang tuntas belajar dilihat dari perhitungan dari tesfomatif dari prasiklus rerata skorya itu 69 dan daya serap klasikal 37,5%, kemudian pada siklus I meningkat yaitu rerata skor 71,56 dan daya serap klasikal 50%, serta meningkat lagi pada siklus II rerata skor menjadi 97,64 dan daya serap klasikal menjadi 87,5%.