Daftar Isi:
  • Peran kompetensi pedagogik guru dalam mengajar adalah sebagai pengelola proses belajar mengajar dan bertindak selaku fasilitator yang berusaha menciptakan proses belajar mengajar yang efektif dan tidak membosankan. Apalagi pelajaran agama islam kurang mendapat perhatian dari peserta didik, guru harus mengembangkan bahan pelajaran dengan baik dan meningkatkan kemampuan peserta didik untuk menyimak pelajaran dan menguasai tujuan-tujuan yang harus mereka capai. Rumusan masalah dalam skripsi ini yaitu: Bagaimana kompetensi pedagogik guru fikih MTs Gondang Wonopringgo?, Bagaimana prestasi belajar mata pelajaran fiqih siswa kelas VIII di MTs Gondang Wonopringgo?, Bagaimana korelasi kompetensi pedagogik guru dengan prestasi belajar mata pelajaran fiqih siswa kelas VIII di MTs Gondang Wonopringgo?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kompetensi pedagogik guru fikih MTs Gondang Wonopringgo, prestasi belajar siswa kelas VIII di MTs Gondang Wonopringgo, korelasi kompetensi pedagogik guru dengan prestasi belajar mata pelajaran fiqih siswa kelas VIII di MTs Gondang Wonopringgo. Kegunaan penelitian ini adalah penelitian ini diharapakan dapat memberikan sumbangan bagi pendidikan dan memperkaya hasil penelitian yang telah ada, khususnya yang berhubungan dengan kompetensi pedagogik guru fikih dengan prestasi belajar siswa, sebagai bahan acuan untuk pengembangan penelitian selanjutnya, dapat memberikan masukkan dan informasi-informasi pada pihak-pihak yang berkepentingan, diantaranya orang tua, guru, pihak sekolah dan pihak-pihak yang terkait tentang kompetensi yang harus dimiliki oleh guru dan cara meningkatkan prestasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dan merupakan field research (penelitian lapangan). Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi metode observasi, angket. Metode analisis datanya menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan adanya korelasi positif yang signifikan antara kompetensi pedagogik guru dengan prestasi belajar siswa mata pelajaran fiqih kelas VIII Gondang Wonopringgo. Kompetensi pedagogik guru MTs Gondang Wonopringgo termasuk dalam kategori baik. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil angket yang memiliki nilai rata-rata 89,83. Nilai tersebut berada pada interval 89 – 92, yang masuk dalam klasifikasi baik. Prestasi belajar mata pelajaran fiqih siswa Kelas VIII MTs Gondang Wonopringgo termasuk dalam kategori cukup. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil angket yang memiliki nilai rata-rata 84,93. Nilai tersebut berada pada interval 85 – 88, yang masuk dalam klasifikasi cukup. Hasil penelitian menunjukkan adanya korelasi positif yang signifikan antara kompetensi pedagogik guru dengan prestasi belajar mata pelajaran fiqih siswa kelas VIII MTs Gondang Wonopringgo. Hal ini terbukti berdasarkan perhitungan, Setelah dilakukan penelitian diperoleh bahwa nilai xy r sebesar 0,49. Penulis menguji hasil penelitian tersebut pada taraf kesalahan 5 % dan 1%. Pada tingkat kesalahan 5 %, t r sebesar 0,381 berarti | h r | > t r , maka o H ditolak, a H diterima. Sedangkan pada tingkat kesalahan 1%, t r sebesar 0,487 maka | h r | > t r , maka o H ditolak, a H diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa baik penghitungan pada tingkat kesalahan 5 % dan 1% memiliki interpretasi sama, bahwa terdapat korelasi positif yang signifikan antara kompetensi pedagogik guru dengan prestasi belajar mata pelajaran fiqih siswa kelas VIII MTS Gondang Wonopringgo. Jadi hipotesis yang penulis ajukan dapat diterima.