Daftar Isi:
  • Motivasi orang tua adalah dorongan terhadap anak-anaknya bagaimana supaya lebih bersemangat dalam menumbuhkan keinginan anak terhadap sesuatu. Motivasi dapat berupa nasihat, perhatian,pemberian reward, dan hadiah, manakala anak dapat meraih apa yang diinginkannya. Motivasi yang kuat membuat anak sanggup untuk mencapai tujuan sesuai yang diinginkan. Karena dengan motivasi orang tua ini, akan sangat bermanfaat bagi berlangsungnya kegiatan belajar anak. tetapi jika motivasi yang diberikan kepada anak kurang, maka minat anak terhadap sesuatu hal, juga akan menurun bahkan hilang. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka dirumuskan masalah yaitu bagaimana minat anak dalam membaca Al-Quran?, Apa saja bentuk motivasi orang tua untuk menumbuhkan minat anak membaca Al-Qur’an?. Apa saja faktor yang mempengaruhi minat anak membaca Al-Qur’an?.Sedangkan kegunaan penelitian ini adalah salah satu bahan informasi ilmiah bagi para mahasiswa, khususnya mahasiswa jurusan tarbiyah sebagai calon orang tua yang nantinya akan membimbing putra-putrinya menjadi anak yang berprestasi, mengembangkan alternatif baru ketika orang tua memberikan motivasi belajar membaca Al-Qur’an, dan memberikan masukan kepada jurusan tarbiyah untuk menambah bahan pustaka dan menambah khazanah ilmu pengetahuan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan yang menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis data deskriptif kualitatit karena data ini berupa data kualitatif berupa uraian-uraian atau teks lisan yang diperoleh dari berbagai sumber. Dengan cara data-data khusus terlebih dahulu dikumpulkan, kemudian ditarik kesimpulan yang bersifat umum. Adapun hasil penelitian memberikan kesimpulan bahwa keadaan minat anak dalam membaca Al-Qur’an di TPQ Nurul Afkar Karandowo dipengaruhi oleh lingkungan dan keinginan serta kemauan anak yang berbeda-beda. Bentuk motivasi orang tua yamg dilakukan dalam menumbuhkan minat anak membaca Al-Qur’an di tpq Nurul Afkar adalah dorongan berupa nasihat, adanya tujuan(cita-cita), pemberian reward, dan Pemberian fasilitas. Sedangkan faktor yang mempengaruhi motivasi orang tua untuk menumbuhkan minat anak membaca Al-Qur’an, faktor pendukungnya yaitu, dari kompetensi ustadz dan ustadzah, dan adanya sarana yang memadai. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu minimnya tenaga ustadz dan ustadzah untuk memantau peserta didik, serta keinginan dan minat anak yang berbeda-beda.