PENGARUH SINETRON TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK SMP N 8 PEKALONGAN

Main Author: Rohmah, Ainur
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://elc.stain-pekalongan.ac.id/335/1/AINUR%20ROHMAH%20NIM%2023206086.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/335/
http://www.stain-pekalongan.ac.id/
Daftar Isi:
  • Maraknya tayangan sinetron saat ini sangat digemari. Mulai dari anak-anak sampai orang tua. Kehadiran berbagai macam jenis sinetron tersebut secara tidak langsung akan mempengaruhi motivasi belajar para peserta didik sekolah. Mereka akan lebih mendahulukan menonton sinetron kesayangan mereka daripada mempelajari pelajaran sekolah. Demikian pula para peserta didik SMP N 8 Pekalongan yang kemungkinan sebagian besar dari mereka yang lebih suka menonton sinetron kesayangan dan mengesampingkan belajar atau mengerjakan pekerjaan rumah. Adapun rumusan masalah adalah bagaimana pengaruh intensitas menonton sinetron pada peserta didik SMPN 8 Pekalongan?, bagaimana motivasi belajar peserta didik SMPN 8 Pekalongan?, bagaimana pengaruh sinetron terhadap motivasi belajar peserta didik SMPN 8 Pekalongan?. adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh intensitas menonton sinetron pada peserta didik SMPN 8 Pekalongan, untuk mengetahui bagaimana motivasi belajar peserta didik SMPN 8 Pekalongan, dan untuk mengetahui bagaimana pengaruh sinetron terhadap motivasi belajar peserta didik SMPN 8 Pekalongan?. Penelitian yang dilakukan dalam rangka penulisan skripsi ini merupakan jenis penelitian lapangan (field reseach) karena data yang diambil berasal dari objek penelitian. Sumber data dalam penelitian ini ada 2 macam yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode interview, metode angket dan metode dokumentasi, sedangkan metode analisa data yang digunakan dalam menganalisa data yang diperoleh adalah menggunakan teknik analisis rumus “product moment” Hasil analisis dari penelitian intensitas menonton sinetron Peserta Didik SMP N 8 Pekalongan termasuk dalam kategori tingkat baik hal ini terbukti dengan hasil angket yang memiliki nilai rata-rata 32,5 Nilai tersebut berada dalam interval 31 – 34,5 yang masuk dalam klasifikasi baik. adapun motivasi Belajar Peserta Didik SMP N 8 Pekalongan termasuk dalam kategori tingkat baik hal ini terbukti dengan hasil angket yang memiliki nilai rata-rata 31,2. Nilai tersebut berada dalam interval 31 – 33,5 yang masuk dalam klasifikasi baik. Berdasarkan perhitungan dengan teknik korelasi product moment diperoleh rxy = 0,417, jadi hasil diatas menunjukkan bahwa rxy lebih besar dari rt (rxy > rt) baik pada taraf signifikan 5% maupun 1% yang berarti terdapat korelasi positif yang signifikan antara Sinetron dengan Motivasi Belajar Peserta Didik SMP N 8 Pekalongan.