Upaya Guru PAI dalam Meningkatkan Kefasihan Membaca Alquran Siswa pada Mapel Alquran Hadis di MAN Pemalang
Daftar Isi:
- Dalam kegiatan belajar yang dilakukan siswa tidaklah selalu lancar seperti apa yang diharapkan, kadang-kadang mereka mengalami kesulitan atau hambatan dalam kegiatan belajar dalam hal ini kefasihan membaca alquran. tapi tidak semua siswa yang mengalami kesulitan dalam membaca, dalam hal ini siswa sebagian sudah lancar dalam membaca hanya saja guru pai ingin lebih siswanya fasih dalam membaca alquran karena kefasihan membaca sangat penting. sedangkan pada kenyataannya porsi jam pelajaran pendidikan agama islam pada kurikulum (kurikulum tingkat satuan pendidikan (ktsp) ini hanya 2 jam perminggu. oleh karena itu peneliti ingin mencoba mengungkap bagaimana upaya guru pai dalam meningkatkan kefasihan membaca alquran pada siswa di man pemalang, melihat fenomena di atas, maka peneliti tertarik untuk meneliti keberadaan sekolah tersebut yaitu di man pemalang. Permasalahan yang diungkap dalam penelitian ini antara lain: Bagaimana kefasihan membaca alquran siswa, Bagaimana upaya guru pai dalam meningkapkan kefasihan membaca alquran siswa, Apa faktor-faktor yang memengaruhi guru pai dalam meningkatkan kefasihan membaca alquran dan adapun tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan upaya guru pai dalam meningkatkan kefasihan membaca alquran pada siswa di man pemalang dengan segala faktor pendukung dan penghambatnya. . Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian berupa penelitian lapangan. kemudian dalam pengumpulan data penelitian menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian menyatakan bahwa 1) kefasihan membaca alquran siswa dalam membaca alquran sudah baik berdasarkan penelitian dari tes lisan berupa praktek membaca alquran. 2) upaya yang dilakukan guru pai dalam meningkatkan kefasihan membaca alquran dengan mengecek satu persatu kemampuan siswa dalam membaca. 3) faktor-faktor pendukung datang dari segenap pihak baik dari orang tua,pengurus dan kemampuan/pengalaman guru dalam mengajar, faktor-faktor penghambat yaitu kurangnya waktu dalam jam pelajaran alquran hadis dan kemampuan anak yang berbeda-beda. kesimpulan yang ditarik dari hasil penelitian adalah: upaya guru pai dalam meningkatkan kefasihan membaca alquran siswa di man pemalang memilih metode pembelajaran secara tepat, penggunaan media yang bervariasi, berusaha dengan lebih telaten dalam memahamkan siswa agar bisa diminimalkan dan selalu berusaha menjelaskan kembali siswa yang kesulitan membaca alquran, seringnya guru memberikan tugas kokurikuler (pr), memberikan peringatan kepada siswa, serta selalu memberikan motivasi bagi siswa yang mengalami kesulitan.