Aplikasi Metode Mahfuẓat dalam Pembelajaran Bahasa Arab Kelas 3 di MSI 01 Kauman Pekalongan
Daftar Isi:
- MSI 01 Kauman Pekalongan merupakan salah satu lembaga pendidikan yang mempelajari bahasa Arab.dalam proses pembelajaran bahasa Arab di kelas 3 tidak selalu sesuai dengan harapan. Beberapa kendala yang harus dihadapi diantaranya: dalam menyampaikan materi bahasa Arab, guru kurang memperhatikan aspek variasi pembelajaran, sehingga peserta didik mudah bosan dalam mengikuti pembelajaran; selain itu guru juga kurang menyadari bahwa antara peserta didik yang satu dengan yang lain mempunyai perbedaan yang menonjol; peserta didik kurang memiliki motivasi dalam belajar; kesan bahwa bahasa Arab sangat sulit, sukar dan ruwet yang menjadikan penguasaan kosa kata dan per bendaharaan kosa kata peserta didik rendah. Permasalahan yang diteliti adalah bagaimana aplikasi metode mahfūẓāt dalam pembelajaran bahasa Arab kelas 3 MSI 01 Kauman Pekalongan tahun 2013/2014 dan faktor pendorong dan penghambat aplikasi metode mahfūẓāt dalam pembelajaran bahasa Arab kelas 3 MSI 01 Kauman pekalongan tahun 2013/2014? Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui aplikasi metode mahfūẓāt pembelajaran bahasa Arab kelas 3 di MSI 01 Kauman Pekalongan tahun 2013/2014dan mengetahui faktor pendorong dan penghambat aplikasi metode mahfūẓāt dalam pembelajaran bahasa Arab kelas 3 di MSI 01 Kauman Pekalongan tahun 2013/2014. Dan kegunaan penelitian ini dapat memberikan informasi yang berkaitan dengan pendidikan bahasa Arab Penelitianini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalahfield research (penelitian lapangan). Metode pengumpulan data penelitian ini adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Jenis analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif yaitu analisis dengan memberikan predikat kepada variabel yang akan diteliti sesuai dengan tolak ukur yang telah ditentukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi metode mahfūẓāt pembelajaran bahasa Arab kelas 3 di MSI Kauman 01 Pekalongan tahun 2013/2014 menggunakan metode, jama’i/ kolektif yaitu pembelajaran menghafal kosa kata bersama-sama yang dibimbing guru sampai benar-benar hafal dengan menggunakan pendekatan berbasis media serta teknik pengajaran kosa kata melalui gambar, membaca dan menulis. Faktor pendukung Aplikasi metode mahfūẓāt dalam pembelajaran bahasa Arab kelas 3 di MSI 01 Kauman adalah adanya motivasi. Faktor penghambatnya peserta didik tidak munguasai kosa kata bahasa Arab.