Pengaruh Kegiatan Pembiasaan terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran Fiqih di MIS 01 Karanganyar Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan
Daftar Isi:
- Pembiasaan pada pendidikan anak sangatlah penting, khususnya dalam pembentukan pribadi dan akhlak. Pembiasaan agama akan memasukkan unsur-unsur positif pada pertumbuhan anak. Semakin banyak pengalaman agama yang didapat anak melalui pembiasaan, maka semakin banyak unsur agama dalam pribadinya dan semakin mudahlah ia memahami ajaran agama. Adapun rumusan masalah yang penulis ajukan adalah: 1)Bagaimana kegiatan pembiasaan siswa kelas V MIS 01 Karanganyar Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan?2)Bagaimana prestasi belajar fiqih siswa kelas V MIS 01 Karanganyar Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan?3)Bagaimana pengaruh kegiatan pembiasaan siswa kelas V MIS 01 Karanganyar Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan?Tujuan penelitian ini adalah:1)Untuk mengetahui kegiatan pembiasaan siswa kelas V MIS 01 Karanganyar Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan?2) Untuk mengetahui prestasi belajar fiqih siswa kelas V MIS 01 Karanganyar Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan?3) Untuk mengetahui sejauhmana pengaruh kegiatan pembiasaan siswa kelas V MIS 01 Karanganyar Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan. Kegunaan penelitian ini adalah: 1)Secara teoritis, diharapkan dapat menambah dan mengembangkan ilmu pengetahuan ilmiah di bidang pendidikan, dan secara praktis menjadi sumbangan pemikiran bagi MIS Karanganyar 01 Tirto Kabupaten Pekalongan untuk lebih meningkatkan mutu kegiatan belajar mengajar. Metode Penelitian, meliputi desain penelitian dengan pendekatan kuantitatif dan penelitiannya adalah penelitian lapangan. Populasi dari penelitian ini adalah 241 siswa kelas MIS Karanganyar 01. Teknik pengumpulan datanya adalah observasi, interview, dokumentasi dan angket, dengan teknik analisis statistik menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil penelitian: 1)Data Angket tentang kegiatan pembiasaan siswa kelas V MIS 01 Karanganyar menunjukkan skor rata-rata 67,07, skor rata-rata ini terletak pada interval rata-rata skor 60 - 80, yang artinya kegiatan pembiasaan siswa kelas V MIS 01 Karanganyar adalah baik. 2)Prestasi belajar siswa kelas V MIS 01 Karanganyar menunjukkan nilai rata-rata 65,93, nilai rata-rata ini terletak pada interval rata-rata nilai 60 - 69, yang artinya bahwa prestasi belajar siswa kelas V MIS 01 Karanganyar adalah cukup baik. 3)Dalam penelitian ini ditemukan bahwa kegiatan pembiasaan siswa mempunyai korelasi positif terhadap prestasi belajar siswa kelas V MIS 01 Karanganyar. Hal ini terbukti pada tingkat kesalahan 5% rt = 0,374, sementara ǀrxyǀ = 0,512. Dengan demikian ǀ rxy ǀ > rt berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Sedangkan pada tingkat kesalahan 1%, rt = 0,478, sementara ǀrxyǀ = 0,512. Dengan demikian ǀ rxy ǀ > rt berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti baik pada tingkat kesalahan 5% maupun 1% membuktikan bahwa ǀ rxy ǀ > rt, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa setelah diadakan pengujian hipotesis yang penulis ajukan, Ha diterima dan Ho ditolak, baik pada tingkat kesalahan 5% maupun 1%. Artinya bahwa antara kegiatan pembiasaan mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa, pada taraf sedang atau cukup kuat. Semakin besar kegiatan pembiasaan, prestasi belajar siswa semakin baik.