Upaya Guru Dalam Menangani Rendahnya Minat Belajar Di Madrasah Diniyah Awaliyah (MDA) Ja’far Shodiq Dk. Plutungan Ds. Pakisputih Kedungwuni Pekalongan
Daftar Isi:
- Seorang guru dapat menjadi faktor dalam meningkatkan minat belajar pada siswanya. Sebab, dalam belajar siswa mempunyai minat belajar yang berbeda-beda. Pada satu sisi siswa memiliki minat belajar yang rendah, tetapi pada saat yang lain siswa mempunyai minat belajar yang tinggi. Siswa yang satu bergairah belajar, sedangkan siswa yang lain kurang bergairah dalam belajar.Padahal, pada hakekatnya minat merupakan hal yang paling mendasar pada diri manusia. Minat juga besar pengaruhnya terhadap aktivitas belajar. Proses belajar mengajar akan lancar bila disertai minat. Jadi, minat merupakan alat motivasi yang utama yang dapat menumbuhkan kegairahan siswa dalam belajar. Dari latar belakang di atas penulis membuat rumusan masalah yaitu: bagaimana minat belajar di Madrasah Diniyah Awaliyah (MDA) Ja’far Shodiq Dk. Plutungan Ds. Pakisputih Kedungwuni Pekalongan dan bagaimana upaya guru dalam menangani rendahnya minat belajar di Madrasah Diniyah Awaliyah (MDA) Ja’far Shodiq Dk. Plutungan Ds. Pakisputih Kedungwuni Pekalongan. Adapun kegunaan penelitian ini adalah sebagai tambahan bahan pustaka dan sebagai bahan pengetahuan dan pembelajaran bagi guru dalam mendidik siswanya khususnya menerapkan cara pengajaran yang tepat serta untuk menambah khasanah ilmu-ilmu pendidikan khususnya dibidang penerapan upaya pengajaran guru yang baik terhadap minat belajar pada siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara (interview) dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dengan memakai proses berfikir secara induktif. Hasil Analisis upaya guru dalam menangani rendahnya minat belajar di Madrasah Diniyah Awaliyah (MDA) Ja’far Shodiq Dk. Plutungan Ds. Pakisputih Kedungwuni Pekalongan menunjukkan bahwa mengalami rendahnya minat belajar, faktor yang menyebabkan rendahnya minat belajar di ada 2 yaitu faktor dari dalam (intern) dan faktor dari luar (ekstern). Upaya guru dalam menangani rendahnya minat belajar di MDA Ja’far Shodiq adalah mencari informasi dari para siswa, mengubah waktu proses kegiatan belajar mengajar, mengadakan peringatan hari besar Islam secara besar-besaran, menjelaskan tujuan dan manfaat serta arti penting menuntut ilmu agama, memilih bahan pelajaran yang mudah dan benar-benar dibutuhkan oleh siswa, memilih cara penyajian/metode belajar yang bervariasi, dan memberi pujian/hadiah kepada siswa yang berprestasi.