Pengaruh Kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) Pendidikan Agama Islam terhadap Kreativitas Mengajar Guru PAI Kecamatan Wonokerto Kabupaten Pekalongan
Daftar Isi:
- Guru adalah salah satu komponen manusia dalam proses belajar mengajar,yang ikut berperan dalam usaha pembentukan sumber daya manusia yang berpotensi dibidang pembangunan. Oleh karena itu dibutuhkan kreativitas seorang guru, begitu juga dengan guru PAI yang berada di wilayah Kecamatan Wonokerto Kabupaten Pekalongan, Kegiatan KKG PAI salah satu kegiatan untuk menciptakan guru yang kreativ. Untuk itu penulis ingin meneliti tentang Pengaruh Kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) Pendidikan Agama Islam (PAI) terhadap Kreativitas Mengajar Guru Pendidikan Agama Islam Kecamatan Wonokerto Kabupaten Pekalongan Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah Pertama: Bagaimana Kreativitas Mengajar Guru PAI se-Kecamatan Wonokerto Kabupaten Pekalongan. Kedua: Bagaimana kegiatan KKG bagi guru PAI di Kecamatan Wonokerto Kabupaten Pekalongan. Ketiga: Bagaimana pengaruh KKG guru PAI terhadap kreativitas mengajar di Kecamatan Wonokerto Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini bertujuan untuk: mendiskripsikan kreativitas guru PAI dalam mengajar, Untuk mendiskripsikan kegiatan KKG bagi guru PAI di Kecamatan Wonokerto Kabupaten Pekalongan, Untuk mendiskripsikan pengaruh KKG bagi guru PAI terhadap kreativitas mengajar guru PAI di Kecamatan Wonokerto Kabupaten Pekalongan. Adapun kegunaan penelitian adalah Sebagai bahan pertimbangan untuk KKG dalam meningkatkan kualitas mengajar PAI bagi peserta didik, Sebagai bahan evaluasi bagi guru tentang proses belajar mengajar, Hasil kajian dari masalah-masalah di atas diharapkan dapat bermanfaat bagi para guru PAI untuk menigkatkan kualitas mengajar yang kreatif bagi peserta didik secara maksimal. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan. Variabel dalam penelitian ini adalah Kegiatan Kelompok Kerja Guru sebagai variabel bebas dan Kreativitas Mengajar sebagai variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah semua anggota KKG PAI yang berjumlah 30. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis dengan rumus Regresi Linear Sederhana. Dari penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa Kegiatan KKG PAI termasuk kategori cukup dengan nilai rata-rata 60 pada interval 60 – 56, untuk Kreativitas Mengajar termasuk dalam kategori Cukup baik dengan nilai rata-rata 62 pada interval 61 – 57. KKG PAI memberikan pengaruh yang baik terhadap Kreativitas Mengajar Guru Pendidikan Agama Islam, hali ini dengan rumus regresi linear sederhana diperoleh Dari hasil perhitungan t test = 2,93 nilai ttabel pada taraf signifikan 5% sebesar 2,048, sehingga ttest > ttabel. Adapun juga taraf signifikan 1% nilai ttabelsebesar 2,76, sehingga ttest> ttabel. karena ttest> ttabel, maka baik pada taraf nyata 5% maupun 1% dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima, artinya koefisien regresinya adalah signifikan, dengan kata lain variabel independen berpengaruh terhadap variabel dependen. Hal ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan antara Kegiatan Kelompok Kerja Guru dengan Kreativitas Mengajar Guru Pendidikan Agama Islam sehinga yang penulis ajukan diterima.