Daftar Isi:
  • Persepsi adalah salah satu aspek psikologis yang penting bagi manusia dalam merespon kehadiran berbagai aspek dan gejala di sekitarnya, persepsi sebagai proses seseorang mengetahui beberapa hal melalui panca inderanya persepsi merupakan suatu proses pengorganisasian, penginterpretasian terhadap stimulus yang diterima oleh organisme atau individu sehingga menjadi sesuatu yang berarti, dan merupakan aktivitas yang integrated dalam diri individu. Persepsi juga dapat diartikan sebagai pengalaman tentang objek, peristiwa, atau hubungan yang diperoleh dengan menyimpulkan informasi dan menafsirkan pesan. Kompetensi dosen mengacu pada kemampuan melaksanakan sesuatu yang diperoleh melalui pendidikan. Kompetensi menunjukan kepada performance dan perbuatan yang rasional untuk memenuhi spesifikasi tertentu dalam melaksanakan tugas-tugas kependidikan. Dikatakan rasional karena mempunyai arah dan tujuan. Ada empat kompetensi yang harus dimiliki oleh pendidik baik itu guru maupun dosen yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial. Dalam skripsi ini penulis mengajukan rumusan masalah bagaimana persepsi mahasiswa terhadap kompetensi dosen PPBAI di STAIN Pekalongan?, dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi siswa terhadap kompetensi dosen PPBAI di STAIN Pekalongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research). Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, observasi, wawancara dan ndokumentasi. Responden adalah Mahasiswa program studi PBA angkatan 2013. Hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis adalah mahasiswa berpersepsi bahwa dosen PPBAI di STAIN pekalongan memiliki kompetensi yang kurang baik, hal ini dapat dibuktikan dari hasil keseluruhan perhitungan persentase alternatif jawaban angket tentang persepsi mahasiswa terhadap kompetensi dosen PPBAI di Prodi PBA STAIN Pekalongan, untuk alternatif jawaban angket terbanyak adalah “Selalu” dengan jumlah persentase 32%, jika dikontribusikan dengan tabel patokan interprestasi P, nilai P 32% terletak pada kategori “kurang baik”. Dengan demikian dapat dikatakan mahasiswa berpersepsi bahwa dosen Program Pembelajaran Bahasa Arab Intensif (PPBAI) di Prodi PBA STAIN Pekalongan mempunyai kompetensi yang kurang baik.