Daftar Isi:
  • Keberhasilan prestasi belajar tidak terlepas dari penggunaan metode pembelajaran berupa peta konsep pada mata pelajaran fiqih. Metode pembelajaran peta konsep adalah pembelajaran dengan menggunakan gamnbaran dari sesuatu yang dilukiskan dengan garis, gambar dan kata-kata, maksudnya untuk memperagakan suatu pokok pelajaran yang menunjukkan adanya hubungan, perkembangan atau perbandingan tentang sesuatu. Dengan penggunaan metode pembelajaran peta konsep ini diharapkan dapat membantu meningkatkan prestasi belajar siswa MIS Pakumbulan Buaran Pekalongan khususnya pada mata pelajaran fiqih Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penggunaan metode pembelajaran peta konsep pada mata pelajaran fiqih siswa kelas III MIS Pakumbulan Buaran Pekalongan tahun pelajaran 2014/2015? bagaimana prestasi belajar pada mata pelajaran fiqih siswa kelas III MIS Pakumbulan Buaran Pekalongan tahun pelajaran 2014/2015? bagaimana pengaruh penggunaan metode pembelajaran peta konsep terhadap peningkatan prestasi belajar pada mata pelajaran fiqih siswa kelas III MIS Pakumbulan Buaran Pekalongan tahun pelajaran 2014/2015?. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui penggunaan metode pembelajaran peta konsep pada mata pelajaran fiqih siswa kelas III MIS Pakumbulan Buaran Pekalongan, untuk mengetahui prestasi belajar pada mata pelajaran fiqih siswa kelas III MIS Pakumbulan Buaran Pekalongan, untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode pembelajaran peta konsep terhadap peningkatan prestasi belajar pada mata pelajaran fiqih siswa kelas III MIS Pakumbulan Buaran Pekalongan. Kegunaan penelitian dapat membantu memberikan informasi tentang cara meningkatkan prestasi belajar siswa dengan menggunakan peta konsep di MIS Pakumbulan Buaran Pekalongan. Jenis penelitian ini adalah studi lapangan (field research). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini observasi, angket dan dokumentasi. Adapun dalam menganalisis data peneliti menggunakan analisis data regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan: Pertama, penggunaan metode pembelajaran peta konsep pada mata pelajaran fiqih siswa kelas III MIS Pakumbulan Buaran Pekalongan tahun pelajaran 2014/2015 adalah sangat baik. Kedua, prestasi belajar pada mata pelajaran fiqih siswa kelas III MIS Pakumbulan Buaran Pekalongan tahun pelajaran 2014/2015 adalah cukup baik. Ketiga, Ada pengaruh positif yang signifikan antara pengaruh penggunaan metode pembelajaran peta konsep terhadap peningkatan prestasi belajar pada mata pelajaran fiqih siswa kelas III MIS Pakumbulan Buaran Pekalongan tahun pelajaran 2014/2015. Nilai ttest sebesar 5,063 dengan N = 43. Pada tingkat signifikan 1% nilai ttabel = 2,704 maka ttest > ttabel = 5,063 > 2,704, maka Ha diterima dan Ho ditolak, sedangkan pada tingkat signifikan 5% nilai ttabel 2,021 maka ttest > ttabel = 5,063 > 2,021, maka Ha diterima dan Ho ditolak Dengan demikian hipotesis yang peneliti ajukan dapat diterima kebenarannya.