Problematika Penggunaan Metode Tanya Jawab Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 04 Majalangu Watukumpul Pemalang
Daftar Isi:
- Metode tanya jawab ialah suatu cara mengajar dimana seorang guru mengajukan beberapa pertanyaan kepada peserta didik tentang bahan pelajaran yang telah diajarkan atau bacaan yang telah mereka baca sambil memperhatikan proses berfikir di antara peserta didik yang lain. Pembelajaran dengan metode tanya jawab ini guru mengharapkan dari peserta didik jawaban yang tepat dan berdasarkan fakta. Apabila peserta didik tidak mampu menjawabnya barulah guru memberikan jawabannya. maka salah satu cara untuk mengatasi kesulitan belajar dalam proses pembelajaran PAI di SD Negeri 04 Majalangu Kecamatan Watukumpul Kabupaten Pemalang adalah dengan menggunakan metode tanya jawab. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penggunaan metode tanya jawab dalam pembelajaran PAI di SD Negeri 04 Majalangu Kecamatan Watukumpul Kabupaten Pemalang? apa saja problematika penggunaan metode tanya jawab dalam pembelajaran PAI di SD Negeri 04 Majalangu Kecamatan Watukumpul Kabupaten Pemalang? bagaimana solusi dalam memecahkan problematika metode tanya jawab dalam pembelajaran PAI di SD Negeri 04 Majalangu Kecamatan Watukumpul Kabupaten Pemalang?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan metode tanya jawab dalam pembelajaran PAI di SD Negeri 04 Majalangu, untuk mengetahui problematika penggunaan metode tanya jawab dalam pembelajaran PAI di SD Negeri 04 Majalangu, untuk mengetahui solusi dalam memecahkan problematika metode tanya jawab dalam pembelajaran PAI di SD Negeri 04 Majalangu. Kegunaan penelitian diharapkan dapat memberikan tambahan informasi tentang pembelajaran PAI di SD Negeri 04 Majalangu. Jenis penelitian ini adalah studi lapangan (field research). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini observasi, interview dan dokumentasi. Adapun dalam menganalisis data peneliti menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Penggunaan metode tanya jawab dalam pembelajaran PAI di SD Negeri 04 Majalangu alokasi waktunya maksimal hanya 3 jam pelajaran (35 menit) tiap minggunya. Kedua, Problematika penggunaan metode tanya jawab dalam pembelajaran PAI di SD Negeri 04 Majalangu, antara lain: pengelolaan kelas yang kurang efektif, masalah psikologis siswa yang merasa malu untuk menjawab, dan masalah alokasi waktu yang minim. Ketiga, Solusi dalam memecahkan problematika metode tanya jawab dalam pembelajaran PAI di SD Negeri 04 Majalangu, yaitu: Solusi pengelolaan kelas yang kurang efektif, meliputi: Meningkatkan pengelolaan tempat belajar dan peserta didik, Menerapkan strategi pembelajaran PAI secara tepat. Solusi masalah psikologis siswa yang merasa malu untuk menjawab dengan cara memberikan iming-iming dengan memberikan pujian dan nilai tambah. Solusi masalah alokasi waktu yang minim, meliputi: memberikan tugas kepada peserta didik, membuat rangkuman materi pelajaran, dan peserta didik dituntut untuk memiliki lembar kerja siswa PAI.