Peningkatan Keterampilan Anak Dalam Menghafal Al-Qur’an Hadits Melalui Metode Pembiasaan Pada Kelompok A di TK Muslimat NU Dadirejo Barat Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan Tahun Pelajaran 2013/2014
Daftar Isi:
- Agar anak-anak Tk dapat memiliki dasar-dasar keimanan dan kepribadian / budi pekerti yang terpuji, guru dapat membekali mereka dengan kemampuan menghafal Al-Qur’an hadits. Di TK Muslimat NU Dadirejo Barat Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan pada Kelompok A, sebelum diadakan penelitian tindakan kelas, guru dalam mengajarkan anak menghafal Al-Qur’an hadits menggunakan metode ceramah tanpa anak dibiasakan membaca dan praktek, sehingga hasil hafalan Al-Qur’an hadits sangat kurang. Dengan melihat hasil yang sangat kurang peneliti mencoba mengganti metode dengan metode pembiasaan. Hal ini sesuai dengan hakikat belajar anak TK, prinsip dasar penyelenggaraan pendidikan di TK diantaranya kebiasaan. Rumusan masalah yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah apakah metode pembiasaan dapat meningkatkan keterampilan anak dalam menghafal Al-Qur’an hadits pada kelompok A di TK Muslimat NU Dadirejo Barat Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 3 siklus. Setiap siklus terdiri dari rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Tempat penelitian di TK Muslimat NU Dadirejo Barat Jl. Ade Irma Suryani Gg. H. Muchyi RT. 04/RW. 02 Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan. Dengan waktu penelitian 2 bulan pada semester II mulai bulan Maret sampai April 2014. Subjek penelitian yaitu seluruh peserta didik kelompok A. Sumber data seluruh peserta didik dan guru pendamping sebagai kolaborator. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes lisan (hafalan), sedangkan alat pengumpulan data menggunakan lembar interviu, lembar observasi dan dokumentasi. Validasi data dengan perangkat tes lisan yang pedoman penilaiannya lingkaran penuh () ceklist () dan lingkaran (O). Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan anak dalam menghafal Al-Qur’an hadits melalui metode pembiasaan pada kelompok A di TK Muslimat NU Dadirejo Barat Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan mengalami peningkatan. Dari kondisi awal 22 anak, hanya terdapat 8 anak (36,4%) yang dapat menghafal dan keaktifan belajar anak hanya mencapai 40,9%. Setelah diadakan tindakan pada siklus I, 11 anak (50%) dapat menghafal dan keaktifan belajar anak meningkat mencapai 59,8%, pada siklus II 14 anak (63,6%) dapat menghafal dan keaktifan belajar anak mencapai 71,2%. Pada siklus III sangat meningkat, 18 anak (81,8%) dapat menghafal dan keaktifan belajar anak mencapai 89,4%. Dapat ditarik kesimpulan, bahwa dengan metode pembiasaan keterampilan menghafal Al-Qur’an hadits pada anak kelompok A di TK Muslimat NU Dadirejo Barat Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan tahun pelajaran 2013/2014 dapat meningkat. Dengan demikian hipotesis dapat diterima.