Daftar Isi:
  • Nilai syahadah BTQ adalah kadar atau mutu dalam hal baca tulis Alquran yang ditulis atau dimuat dalam sebuah lembar pengakuan. Kompetensi baca tulis Alquran merupakan kecakapan yang mencakup pengetahuan, sikap dan keterampilan dalam membaca serta menulis Alquran sesuai dengan aturan yang ada. Untuk menjadi pendidik PAI tentu harus menguasai dalam hal baca tulis Alquran, tidak menutup kemungkinan suatu kompetensi dapat dilihat dari sebuah lembar pengakuan berupa syahadah BTQ. Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka rumusan masalah yang peneliti ajukan adalah bagaimana nilai syahadah BTQ mahasiswa reguler Tarbiyah PAI angkatan 2010, bagaimana kompetensi baca tulis Alquran mahasiswa reguler Tarbiyah PAI angkatan 2010, dan bagaimana korelasi antara nilai syahadah BTQ dengan kompetensi baca tulis Alquran mahasiswa reguler Tarbiyah PAI angkatan 2010. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah nilai syahadah BTQ, mendeskripsikan kompetensi baca tulis Alquran dan menganalisis korelasi nilai syahadah BTQ dengan kompetensi baca tulis Alquran mahasiswa reguler Tarbiyah PAI STAIN Pekalongan angkatan 2010. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif, jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat koresional kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode tes dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan adalah teknik analisis kontingensi. Hasil penelitian skripsi yaitu: nilai syahadah BTQ mahasiswa reguler Tarbiyah PAI STAIN Pekalongan angkatan 2010 termasuk dalam kategori baik. Kompetensi baca tulis Alquran mahasiswa reguler Tarbiyah PAI STAIN Pekalongan angkatan 2010 termasuk kategori baik. Tidak terdapat korelasi positif yang signifikan antara nilai syahadah BTQ dengan kompetensi baca tulis Alquran mahasiswa reguler Tarbiyah PAI STAIN Pekalongan angkatan 2010. Hal ini dibuktikan dengan perhitungan analisis kontingensi yang hasilnya 0,29. Nilai 0,29 terletak antara 0,21 dan 0,41 yang berarti antara syahadah BTQ dengan kompetensi baca tulis Alquran mahasiswa reguler Tarbiyah PAI angkatan 2010 terdapat korelasi positif yang lemah. Kemudian pada taraf kesalahan 5%, nilai rt = t = 0,361, berarti b t. Maka Ho diterima, Ha ditolak. Pada taraf kesalahan 1%, nilai rt = t = 0,463, berarti b t. Maka Ho diterima, Ha ditolak. Sehingga simpulannya adalah tidak terdapat korelasi positif yang signifikan antara syahadah BTQ dengan kompetensi baca tulis Alquran mahasiswa reguler Tarbiyah PAI angkatan 2010.