ctrlnum 267
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/267/</relation><title>IMPLEMENTASI REWARD DAN PUNISHMENT SERTA&#xD; IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER&#xD; DI SLTA PEMALANG</title><creator>Misriah, Siti</creator><subject>130101 Continuing and Community Education</subject><subject>130103 Higher Education</subject><subject>130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development</subject><subject>130303 Education Assessment and Evaluation</subject><description>Dalam mendukung pelaksanaan proses belajar mengajar digunakan metode yang dilakukan untuk mengarahkan peserta didik menjadi manusia yang berkarakter. Metode tersebut adalah pemberian reward untuk mengapresiasi prestasi peserta didik baik di bidang akademik maupun di bidang non akademik dan punishment yang diterapkan untuk memberikan hukuman atas pelanggaran yang telah dilakukan dan demi ketertiban aturan.&#xD; Penelitian ini mengangkat implikasi dari implementasi reward dan punishment terhadap pendidikan karakter. Dua sekolah yang menjadi lokasi penelitian adalah SMA Negeri 1 Pemalang dan SMA PGRI 1 Taman, kedua sekolah yang berbeda di mana SMA Negeri 1 Pemalang merupakan sekolah negeri dan SMA PGRI 1 Taman merupakan sekolah swasta. Kedua sekolah tersebut menerapkan reward untuk mengapresiasi prestasi yang telah ditorehkan oleh peserta didik karena membawa nama baik sekolah, sedangkan punishment diterapkan untuk mendisiplinkan peserta didik yang melakukan pelanggaran.&#xD; Permasalahan yang diangkat adalah bagaimana implementasi reward dan punishment di SMA Negeri 1 Pemalang dan SMA PGRI 1 Taman, dan bagaimana implikasinya terhadap pendidikan karakter di kedua SLTA tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi dan implikasi reward dan punishment di SMA Negeri 1 Pemalang dan SMA PGRI 1 Taman. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif yang menekankan pada penelitian kancah atau lapangan (field research) dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi kualitatif, wawancara kualitatif, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data dengan mendeskripsikan teknik triangulasi data hasil wawancara, data hasil observasi dan data dokumen sekolah.&#xD; Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi reward di SMA Negeri 1 Pemalang memiliki kesenjangan perhatian antara prestasi akademik dan non akademik, dimana SMA Negeri 1 Pemalang lebih menekankan pada prestasi akademik. Sedangkan reward di SMA PGRI 1 Taman sudah baik karena tidak memiliki kesenjangan perhatian dalam prestasi akademik. Namun secara keseluruhan, implementasi reward di SMA Negeri 1 Pemalang sudah didukung seluruh civitas sekolah dan peserta didik dengan motivasi belajar tinggi, sedangkan di SMA PGRI 1 Taman, peserta didik memiliki motivasi belajar rendah dan guru yang kurang kompeten. Implementasi punishment di SMA PGRI 1 Taman tidak langsung memberikan efek jera pada peserta didik yang melakukan pelanggaran. Implikasi reward di kedua SLTA tersebut adalah membentuk karakter peserta didik yang memiliki kejujuran, motivasi berprestasi, tanggung jawab, mau bekerja sama dengan teman sebaya, dan implikasi punishment di kedua SLTA tersebut adalah membentuk karakter peserta didik yang disiplin dan menaati peraturan.&#xD; Dalam penelitian ini, reward dan punishment merupakan metode yang sesuai untuk pendidikan karakter karena berimplikasi pada perubahan karakter peserta didik menjadi lebih mulia baik di SMA Negeri 1 Pemalang juga di SMA&#xD; ii&#xD; PGRI 1 Taman, meskipun dibutuhkan proses yang panjang, pendekatan lebih intensif dan pemahaman akan tipe kepribadian peserta didik agar reward dan punishment yang diberikan dapat memotivasi peserta didik menjadi manusia yang berkarakter.&#xD; Penelitian ini berkontribusi untuk SLTA yang bersangkutan di mana dalam implementasi reward dan punihsment tidak boleh membedakan antara setiap prestasi dan harus didukung oleh seluruh civitas sekolah guna kelancaran dan keberhasilan reward dan punishment. Penelitian ini juga berkontribusi untuk Pemerintah, bahwa untuk mencapai peserta didik yang berkarakter tetap diperlukan kebijakan yang mendukung implementasi reward dan punishment di sekolah serta pengadaan event yang menyatukan setiap sekolah agar membangun budaya disiplin, kejujuran, memiliki motivasi berprestasi, tanggung jawab dan kerjasama dengan teman sebaya serta taat peraturan.</description><date>2014-07-08</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/267/1/1.%20Cover.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/267/2/2.%20Pernyataan.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/267/3/3.%20Pengesahan.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/267/4/8.%20Daftar%20Isi.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/267/5/10.%20BAB%20I%20PENDAHULUAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/267/6/11.0%20BAB%20II%20R%26P%20DLM%20PENDK%20KARAKTER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/267/7/12.%20BAB%20III%20PELAKS%20R%26P%20DLM%20PENDK%20KARAKTER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/267/8/13.%20BAB%20IV%20IMPLEMENTASI%20R%26P%20SERTA%20IMPLIKASINYA%20THD%20PK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/267/9/14.%20BAB%20V%20PENUTUP%20KESIMPULAN%20%26%20SARAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/267/10/15.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Misriah, Siti (2014) IMPLEMENTASI REWARD DAN PUNISHMENT SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER DI SLTA PEMALANG. Masters thesis, STAIN Pekalongan. </identifier><relation>http://www.stain-pekalongan.ac.id/</relation><recordID>267</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Misriah, Siti
title IMPLEMENTASI REWARD DAN PUNISHMENT SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER DI SLTA PEMALANG
publishDate 2014
topic 130101 Continuing and Community Education
130103 Higher Education
130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
130303 Education Assessment and Evaluation
url http://elc.stain-pekalongan.ac.id/267/1/1.%20Cover.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/267/2/2.%20Pernyataan.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/267/3/3.%20Pengesahan.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/267/4/8.%20Daftar%20Isi.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/267/5/10.%20BAB%20I%20PENDAHULUAN.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/267/6/11.0%20BAB%20II%20R%26P%20DLM%20PENDK%20KARAKTER.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/267/7/12.%20BAB%20III%20PELAKS%20R%26P%20DLM%20PENDK%20KARAKTER.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/267/8/13.%20BAB%20IV%20IMPLEMENTASI%20R%26P%20SERTA%20IMPLIKASINYA%20THD%20PK.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/267/9/14.%20BAB%20V%20PENUTUP%20KESIMPULAN%20%26%20SARAN.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/267/10/15.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/267/
http://www.stain-pekalongan.ac.id/
contents Dalam mendukung pelaksanaan proses belajar mengajar digunakan metode yang dilakukan untuk mengarahkan peserta didik menjadi manusia yang berkarakter. Metode tersebut adalah pemberian reward untuk mengapresiasi prestasi peserta didik baik di bidang akademik maupun di bidang non akademik dan punishment yang diterapkan untuk memberikan hukuman atas pelanggaran yang telah dilakukan dan demi ketertiban aturan. Penelitian ini mengangkat implikasi dari implementasi reward dan punishment terhadap pendidikan karakter. Dua sekolah yang menjadi lokasi penelitian adalah SMA Negeri 1 Pemalang dan SMA PGRI 1 Taman, kedua sekolah yang berbeda di mana SMA Negeri 1 Pemalang merupakan sekolah negeri dan SMA PGRI 1 Taman merupakan sekolah swasta. Kedua sekolah tersebut menerapkan reward untuk mengapresiasi prestasi yang telah ditorehkan oleh peserta didik karena membawa nama baik sekolah, sedangkan punishment diterapkan untuk mendisiplinkan peserta didik yang melakukan pelanggaran. Permasalahan yang diangkat adalah bagaimana implementasi reward dan punishment di SMA Negeri 1 Pemalang dan SMA PGRI 1 Taman, dan bagaimana implikasinya terhadap pendidikan karakter di kedua SLTA tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi dan implikasi reward dan punishment di SMA Negeri 1 Pemalang dan SMA PGRI 1 Taman. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif yang menekankan pada penelitian kancah atau lapangan (field research) dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi kualitatif, wawancara kualitatif, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data dengan mendeskripsikan teknik triangulasi data hasil wawancara, data hasil observasi dan data dokumen sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi reward di SMA Negeri 1 Pemalang memiliki kesenjangan perhatian antara prestasi akademik dan non akademik, dimana SMA Negeri 1 Pemalang lebih menekankan pada prestasi akademik. Sedangkan reward di SMA PGRI 1 Taman sudah baik karena tidak memiliki kesenjangan perhatian dalam prestasi akademik. Namun secara keseluruhan, implementasi reward di SMA Negeri 1 Pemalang sudah didukung seluruh civitas sekolah dan peserta didik dengan motivasi belajar tinggi, sedangkan di SMA PGRI 1 Taman, peserta didik memiliki motivasi belajar rendah dan guru yang kurang kompeten. Implementasi punishment di SMA PGRI 1 Taman tidak langsung memberikan efek jera pada peserta didik yang melakukan pelanggaran. Implikasi reward di kedua SLTA tersebut adalah membentuk karakter peserta didik yang memiliki kejujuran, motivasi berprestasi, tanggung jawab, mau bekerja sama dengan teman sebaya, dan implikasi punishment di kedua SLTA tersebut adalah membentuk karakter peserta didik yang disiplin dan menaati peraturan. Dalam penelitian ini, reward dan punishment merupakan metode yang sesuai untuk pendidikan karakter karena berimplikasi pada perubahan karakter peserta didik menjadi lebih mulia baik di SMA Negeri 1 Pemalang juga di SMA ii PGRI 1 Taman, meskipun dibutuhkan proses yang panjang, pendekatan lebih intensif dan pemahaman akan tipe kepribadian peserta didik agar reward dan punishment yang diberikan dapat memotivasi peserta didik menjadi manusia yang berkarakter. Penelitian ini berkontribusi untuk SLTA yang bersangkutan di mana dalam implementasi reward dan punihsment tidak boleh membedakan antara setiap prestasi dan harus didukung oleh seluruh civitas sekolah guna kelancaran dan keberhasilan reward dan punishment. Penelitian ini juga berkontribusi untuk Pemerintah, bahwa untuk mencapai peserta didik yang berkarakter tetap diperlukan kebijakan yang mendukung implementasi reward dan punishment di sekolah serta pengadaan event yang menyatukan setiap sekolah agar membangun budaya disiplin, kejujuran, memiliki motivasi berprestasi, tanggung jawab dan kerjasama dengan teman sebaya serta taat peraturan.
id IOS2761.267
institution IAIN Pekalongan
institution_id 324
institution_type library:university
library
library Perpustakaan IAIN Pekalongan
library_id 236
collection STAIN Pekalongan Electronic Local Content
repository_id 2761
subject_area Agama
Ekonomi
Hukum
city PEKALONGAN
province JAWA TENGAH
repoId IOS2761
first_indexed 2016-10-05T06:44:22Z
last_indexed 2016-10-05T06:44:22Z
recordtype dc
_version_ 1765831022408105984
score 17.538404