Daftar Isi:
  • Tingkat religiusitas seseorang khususnya, pemahaman mengenai kewajiban zakat, kesadaran infak dan shadaqah sangat mempengaruhi minat muzakki membayar ZIS. Tingkat pendapatan memiliki hubungan mengenai apakah harta tersebut sudah mencapai nisab atau belum. Kepercayaan diperlukan sebuah lembaga pengelola zakat yang profesional, amanah dan transparan. Sehingga menumbuhkan keprcayaan masyarakat terhadap minat membayar ZIS. Layanan yang optimal dan baik akan dapat mempengaruhi minat masyarakat dalam membayar ZIS. Sedangkan tekhnik pengumpulan zakat Dalam penelitian ini data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Tekhnik yang digunakan untuk pengambilan sampel adalah sampel acak (Probability Sampling). Sedangkan metode yang digunakan untuk mengumpulkan data menggunakan kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini uji validitas, asumsi klasik, reliabilitas dan regresi berganda. Hasil uji empiris lima variabel yang peneliti gunakan, tiga varaibel yaitu religiusitas, pendapatan dan tekhnik pengumpulan zakat memiliki pengaruh terhadap mianat muzakki membayar zakat, infak dan shadaqah. Sedangkan dua variabel yang lain yaitu kepercayaan dan layanan tidak memiliki pengaruh terhadap minat muzakki membayar zakat, infak dan shadaqah. Hasil uji simultan (F) semua variabel secara bersama-sama mempunyai pengaruh terhadap minat muzakki membayar zakat, infak dan shadaqah. Hasil penelitian ini diolah dengan program SPSS Versi 2.2 for windows menunjukkan bahwa pengaruh variabel religiusitas, pendapatan, kepercayaan, layanan dan tekhnik pengumpulan zakat terhadap minat muzakki membayar zakat, infak dan shadaqah sebesar 40,7% sedangkan 59,3% dipengaruhi oleh variabel yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.