ctrlnum 245
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/245/</relation><title>BAHAN AJAR AKIDAH MADRASAH IBTIDAIYAH&#xD; (Studi Kritis atas Buku &#x201C;Membina Akidah Akhlak&#x201D; Karya Wiyadi)</title><creator>Hidayat, M. Mujib</creator><subject>130101 Continuing and Community Education</subject><subject>130102 Early Childhood Education</subject><subject>130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy</subject><subject>130211 Religion Curriculum and Pedagogy</subject><description>Manusia tidak diciptakan oleh Allah subhanahu wa ta&#x2019;ala kecuali supaya ia beribadah kepada-Nya. Aktifitas ibadah manusia tidak akan shah, kecuali ia ber-&#x2018;aqidah. Karena beribadah harus dengan niyyat. Dan diantara syarat niyyat adalah Islam. Sedangkan beragama Islam itu harus ber-&#x2018;aqidah yang benar.&#xD; Oleh sebab itu, ilmu yang men-shahih-kan &#x2018;aqidah mutlak harus dipelajari. Karena ia merupakan salah satu dari tiga ilmu yang wajib dipelajari. Bahkan ia merupakan ilmu pertama yang harus dipelajari. Karena &#x2018;aqidah merupakan pondasi agama, dan merupakan salah satu pilar dari tiga pilar agama, yakni &#x2018;aqidah, syari&#x2019;ah, dan akhlaq, atau iman, islam, dan ihsan. &#x2018;Aqidah juga merupakan ruh bagi setiap manusia. Dengan &#x2018;aqidah manusia akan berjalan pada jalan yang lurus. Tetapi apabila tanpa &#x2018;aqidah, maka manusia akan tersesat. Karena itu penanaman &#x2018;aqidah ke dalam jiwa merupakan cara yang paling tepat untuk mewujudkan unsur-unsur kebaikan agar manusia mampu melaksanakan perannya dengan baik dan benar dalam kehidupan.&#xD; Ditetapkannya bidang studi akidah sebagai bagian dari mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Ibtidaiyah merupakan langkah yang tepat untuk mewujudkan generasi yang beriman, bertaqwa, dan berakhlak mulia, karena &#x2018;aqidah mempunyai fungsi untuk membersihkan perilaku, menyucikan jiwa dan mengarahkannya kepada nilai-nilai yang luhur. Bahkan penanaman aqidah merupakan salah satu metode pendidikan yang efektif untuk membersihkan perilaku manusia. Untuk itu bidang studi akidah harus terkonstruksi dari materi-materi yang benar dan termasuk dalam ruang lingkup bidang studi akidah.&#xD; Penelitian ini mengkaji materi bidang studi akidah yang termuat dalam buku Membina Akidah Akhlak, yang ditulis oleh Wiyadi, yang dijadikan sebagai bahan ajar mata pelajaran akidah akhlak Madrasah Ibtidaiyah Kota Pekalongan.&#xD; Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan, dengan pendekatan filosofis ontologis, bertujuan untuk mengetahui hakekat bahan ajar bidang studi akidah yang termuat dalam buku Membina Akidah Akhlak serta untuk mengetahui kesesuaiannya dengan ruang lingkup mata pelajaran akidah Madrasah Ibtidaiyah menurut Peraturan Menteri Agama, dan untuk mengetahui kesesuaiannya dengan pokok bahasan bidang studi akidah menurut jumhur al-mutakallimin.&#xD; Kesimpulan dari penelitian ini ialah bahwa materi akidah yang termuat dalam buku Membina Akidah Akhlak karya Wiyadi meliputi 6 pokok bahasan. 4 diantaranya termasuk dalam ruang lingkup bidang studi akidah menurut Peraturan Menteri Agama. 3 diantaranya termasuk dalam ruang lingkup bidang studi akidah menurut jumhur al-mutakallimin. Dan hanya 2 yang termasuk dalam ruang lingkup bidang studi akidah menurut Peraturan Menteri Agama dan menurut jumhur al-mutakallimin.</description><date>2014-07-10</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/245/1/1.cover.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/245/2/2.Lembar%20Pernyataan.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/245/3/3.Lembar%20Pengesahan.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/245/4/7.DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/245/5/8.BAB%20I%20ANALISIS.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/245/6/9.BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/245/7/10.BAB%20III%20ANALISIS.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/245/8/11.BAB%20IV%20ANALISIS.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/245/9/12.BAB%20V%20ANALISIS.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/245/10/13DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Hidayat, M. Mujib (2014) BAHAN AJAR AKIDAH MADRASAH IBTIDAIYAH (Studi Kritis atas Buku &#x201C;Membina Akidah Akhlak&#x201D; Karya Wiyadi). Masters thesis, STAIN Pekalongan. </identifier><relation>http://www.stain-pekalongan.ac.id/</relation><recordID>245</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Hidayat, M. Mujib
title BAHAN AJAR AKIDAH MADRASAH IBTIDAIYAH (Studi Kritis atas Buku “Membina Akidah Akhlak” Karya Wiyadi)
publishDate 2014
topic 130101 Continuing and Community Education
130102 Early Childhood Education
130201 Creative Arts
Media and Communication Curriculum and Pedagogy
130211 Religion Curriculum and Pedagogy
url http://elc.stain-pekalongan.ac.id/245/1/1.cover.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/245/2/2.Lembar%20Pernyataan.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/245/3/3.Lembar%20Pengesahan.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/245/4/7.DAFTAR%20ISI.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/245/5/8.BAB%20I%20ANALISIS.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/245/6/9.BAB%20II.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/245/7/10.BAB%20III%20ANALISIS.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/245/8/11.BAB%20IV%20ANALISIS.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/245/9/12.BAB%20V%20ANALISIS.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/245/10/13DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/245/
http://www.stain-pekalongan.ac.id/
contents Manusia tidak diciptakan oleh Allah subhanahu wa ta’ala kecuali supaya ia beribadah kepada-Nya. Aktifitas ibadah manusia tidak akan shah, kecuali ia ber-‘aqidah. Karena beribadah harus dengan niyyat. Dan diantara syarat niyyat adalah Islam. Sedangkan beragama Islam itu harus ber-‘aqidah yang benar. Oleh sebab itu, ilmu yang men-shahih-kan ‘aqidah mutlak harus dipelajari. Karena ia merupakan salah satu dari tiga ilmu yang wajib dipelajari. Bahkan ia merupakan ilmu pertama yang harus dipelajari. Karena ‘aqidah merupakan pondasi agama, dan merupakan salah satu pilar dari tiga pilar agama, yakni ‘aqidah, syari’ah, dan akhlaq, atau iman, islam, dan ihsan. ‘Aqidah juga merupakan ruh bagi setiap manusia. Dengan ‘aqidah manusia akan berjalan pada jalan yang lurus. Tetapi apabila tanpa ‘aqidah, maka manusia akan tersesat. Karena itu penanaman ‘aqidah ke dalam jiwa merupakan cara yang paling tepat untuk mewujudkan unsur-unsur kebaikan agar manusia mampu melaksanakan perannya dengan baik dan benar dalam kehidupan. Ditetapkannya bidang studi akidah sebagai bagian dari mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Ibtidaiyah merupakan langkah yang tepat untuk mewujudkan generasi yang beriman, bertaqwa, dan berakhlak mulia, karena ‘aqidah mempunyai fungsi untuk membersihkan perilaku, menyucikan jiwa dan mengarahkannya kepada nilai-nilai yang luhur. Bahkan penanaman aqidah merupakan salah satu metode pendidikan yang efektif untuk membersihkan perilaku manusia. Untuk itu bidang studi akidah harus terkonstruksi dari materi-materi yang benar dan termasuk dalam ruang lingkup bidang studi akidah. Penelitian ini mengkaji materi bidang studi akidah yang termuat dalam buku Membina Akidah Akhlak, yang ditulis oleh Wiyadi, yang dijadikan sebagai bahan ajar mata pelajaran akidah akhlak Madrasah Ibtidaiyah Kota Pekalongan. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan, dengan pendekatan filosofis ontologis, bertujuan untuk mengetahui hakekat bahan ajar bidang studi akidah yang termuat dalam buku Membina Akidah Akhlak serta untuk mengetahui kesesuaiannya dengan ruang lingkup mata pelajaran akidah Madrasah Ibtidaiyah menurut Peraturan Menteri Agama, dan untuk mengetahui kesesuaiannya dengan pokok bahasan bidang studi akidah menurut jumhur al-mutakallimin. Kesimpulan dari penelitian ini ialah bahwa materi akidah yang termuat dalam buku Membina Akidah Akhlak karya Wiyadi meliputi 6 pokok bahasan. 4 diantaranya termasuk dalam ruang lingkup bidang studi akidah menurut Peraturan Menteri Agama. 3 diantaranya termasuk dalam ruang lingkup bidang studi akidah menurut jumhur al-mutakallimin. Dan hanya 2 yang termasuk dalam ruang lingkup bidang studi akidah menurut Peraturan Menteri Agama dan menurut jumhur al-mutakallimin.
id IOS2761.245
institution IAIN Pekalongan
institution_id 324
institution_type library:university
library
library Perpustakaan IAIN Pekalongan
library_id 236
collection STAIN Pekalongan Electronic Local Content
repository_id 2761
subject_area Agama
Ekonomi
Hukum
city PEKALONGAN
province JAWA TENGAH
repoId IOS2761
first_indexed 2016-10-05T06:44:22Z
last_indexed 2016-10-05T06:44:22Z
recordtype dc
_version_ 1765831022293811200
score 17.538404