Korelasi Antara Kemampuan Kognitif Mapel PAI Dengan Sikap Keberagamaan Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 02 Sragi Pekalongan
Daftar Isi:
- Pendidikan Agama Islam merupakan mata pelajaran yang sangat urgent atau penting. Hal itu disebabkan karena PAI tidak hanya belajar dan focus pada teori-teori saja, tetapi ditekankan pada praktek di kehidupan sehari-hari siswanya.keputusan atau pemikiran (kognitif) yang dibuat untuk melakukan tindakan antara siswa satu dengan yang lain berbeda, hal ini disebabkan adanya perbedaan perkembangan kemampuan kognitif pada masing-masing siswa. Ada siswa yang kemampuan kognitifnya baik pada mapel PAI tetapi sikap keberagamaanya kurang baik dan sebaliknya juga terdapat siswa yang kemampuan kognitifnya kurang baik pada mapel PAI tetapi sikap keberagamaanya justru baik. Atas dasar pemikiran diatas maka rumusan masalah ini adalah untuk mengetahui bagaimana kemampuan kognitif Mapel PAI siswa, bagaimana sikap keberagamaan siswa, dan bagaimana korelasi kemampuan kognitif mapel PAI terhadap sikap keberagamaan siswa. Tujuan dari skripsi ini adalah untuk mengeksplor kemampuan kognitif siswa, untuk memahami bagaimana sikap keberagamaa nsiswa, dan untuk mengetahui besarnya korelasi kemampuan kognitif terhadap sikap keberagamaan siswa. Adapun kegunaan skripsi ini adalah diharapkan dapat menambah dan mengembangkan ilmu pengetahuan di bidang pendidikan agama, untuk meningkatkan mutu kegiatan belajar mengajar PAI dan mengembangkan kemampuan kognitif sehingga dapat mengembangkan sikap keberagamaan siswa. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus di SMP Negeri 02 sragi pekalongan, jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Penulis mengambil sampel siswa kelas VIII sebanyak 40 siswa menggunakan sistem random sampling. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel bebas (kemampuan kognitifmapel PAI) dan variabel terikat (sikap keberagamaan siswa). Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan skunder, dan teknik pengumpulan data berupa observasi, angket, interview, dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data menggunakan pembuktian nilai product momentatau uji hipotesis. Setelah penelitian ini di analisis maka dapat diketahui hasilnya sebagai berikut: menunjukkan bahwa kemampuan kognitif mapel PAI siswa menghasilkan nilai rata-rata 95. Sedangka sikap keberagamaan siswa dalam kategori sangat baik pada interval 60-65. Kemudian dari hasil analisis hipotesis (uji r-hitung) dapat diketahui bahwa kemampuan kognitif mapel PAI mempunyai korelasi dengan sikap keberagaman siswa SMP Negeri 02 Sragi Pekalongan. Hal ini dapat dilihat pada taraf signifikan 5% , nilai r hitung =0,806468342 >r tabel = 0,312. Demikian pula pada taraf signifikan 1% rhitung =0,806468342> rtabel=0,403 sehingga hipotesis diterima.dapat disimpulkan bahwa kemampuan kognitif Mapel PAI sangat berperan dalam mempengaruhi sikap keberagamaan siswa di SMP Negeri 02