UPAYA MENINGKATKAN PERHATIAN ANAK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI METODE CERITA DI RAM NU MASYITHOH 14 DUWET
Daftar Isi:
- Permasalahan yang melatar belakangi penelitian ini adalah perhatian anak dalam pembelajaran PAI yang merupakan aspek agar terciptanya kondisi pembelajaran yang kondusif sehingga tujuan dari pembelajaran yang akan disampaikan dapat tercapai. Penggunaan metode cerita dengan menggunakan alat peraga dan media yang beragam akan menarik bagi anak, anak akan merasa senang dan dapat menimbulkan antusias anak untuk mengikuti pembelajaran. Rumusan Masalah pada penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Bagaimana kondisi awal perhatian anak dalam pembelajaran PAI di RAM NU Masyithoh 14 Duwet ? (2) Bagaimana peningkatan perhatian anak dalam pembelajaran PAI di RAM NU Masyithoh 14 Duwet setelah menggunakan metode cerita? Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui kondisi awal perhatian anak dalam pembelajaran PAI di RAM NU Masyithoh 14 Duwet. (2) Untuk mengetahui peningkatan perhatian anak dalam pembelajaran PAI di RAM NU Masyithoh 14 Duwet melalui metode cerita. Penelitian ini berguna untuk: menambah wawasan tentang stimulasi dalam meningkatkan perhatian anak dalam pembelajaran PAI melalui metode cerita dengan berbagai alat peraga dan media. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode observasi dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Teknik analisa data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif yang akan dideskipsikan dalam bentuk tabel dengan menggunakan frekuensi dan persen dalam tiap siklusnya. Hasil penelitian menunjukan bahwa perhatian anak masih rendah dalam pembelajaran PAI melalui metode cerita pada pra siklus dan terjadi peningkatan perhatian dalam tiap siklusnya. Hal ini terbukti pada siklus 1 terjadi peningkatan 22% dari 21,4% menjadi 43,4%, dan pada siklus 2 terjadi peningkatan 32,2% dari 43,4% menjadi 75,6%.