Daftar Isi:
  • Prestasi belajar bahasa Arab di MA Ribatul Muta’allimin Pekalongan yang berbasis pondok pesantren tidak terlalu tinggi, masih banyak siswa yang harus mengikuti remedial untuk mencapai ketuntasan dalam belajar bahasa Arab. Guru bahasa Arab di MA Ribatul Muta’allimin Pekalongan hanya satu orang, walaupun mempunyai pendidikan yang sesuai bidang ahlinya dan mempunyai kompetensi yang baik, namun terkadang masih kurang dalam berinovasi di kelas. Permasalahan dalam skripsi ini adalah mengenai bagaimana persepsi siswa terhadap kompetensi profesional guru bahasa Arab di MA Ribatul Muta’allimin, bagaimana prestasi belajar bahasa Arab di MA Ribatul Muta’allimin, dan bagaimana korelasi antara persepsi siswa terhadap kompetensi profesional guru bahasa Arab dengan prestasi belajar bahasa Arab di MA Ribatul Muta’allimin Pekalongan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi siswa terhadap kompetensi profesional guru bahasa Arab di MA Ribatul Muta’allimin, untuk mengetahui bagaimana prestasi belajar bahasa Arab di MA Ribatul Muta’allimin, dan untuk mengetahui bagaimana korelasi antara persepsi siswa terhadap kompetensi profesional guru bahasa Arab dengan prestasi belajar bahasa Arab di MA Ribatul Muta’allimin Pekalongan. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitaif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Persepsi siswa terhadap kompetensi profesional guru bahasa Arab menjadi variabel bebas dan prestasi belajar menjadi variabel terikat. Adapun yang menjadi populasi adalah seluruh siswa yang berjumlah 270 siswa, sedangkan sampel diambil secara acak, metode pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi metode angket, dokumentasi, interview, dan observasi. Teknik analisisnya menggunakan rumus analisis korelasi product moment. Hipotesis dalam penelitian ini adalah : “Terdapat korelasi positif yang signifikan antara persepsi siswa terhadap kompetensi profesional guru bahasa Arab dengan prestasi belajar bahasa Arab”. Berdasarkan hasil analisis data, persepsi siswa terhadap kompetensi profesional guru bahasa Arab termasuk dalam kategori cukup dengan rata-rata 76 yang berada pada interval 76–77, sedangkan prestasi belajar bahasa Arab termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 77 yang bearada pada interval 71–85. Dari hasil perhitungan dengan teknik korelasi product moment dapat dismpulkan bahwa “terdapat korelasi positif yang signifikan antara persepsi siswa terhadap kompetensi profesional guru bahasa Arab dengan prestasi belajar bahasa Arab”, berarti ha diterima dimana rxy>rtab (0,74>0,301) pada taraf signifikan 5% dan pada taraf signifikan 1% rxy>rtab (0,74>0,389) dan ketika analisis lanjutnya menggunakan interpretasi nilai rxy hasilnya sama dimana kedua variabelnya mempunyai korelasi yang kuat dengan besar kisarannya antara 0,70 – 0,90.