ctrlnum 196
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/196/</relation><title>UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBILANG 1 SAMPAI 10 ANAK DIDIK KELOMPOK A TK MUSLIMAT NU KARANGANYAR KECAMATAN TIRTO KABUPATEN PEKALONGAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014 MELALUI METODE INDEX CARD MATCH</title><creator>Fadlilah, Nur</creator><subject>130101 Continuing and Community Education</subject><subject>130102 Early Childhood Education</subject><subject>130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development</subject><subject>130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified</subject><description>Pendidikan anak usia dini adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. Maka dalam hal ini pendidik melakukan giatan mengenal angka untuk mengembangkan kognitif anak agar anak dapat berlatih membilang atau menghitung angka secara urut dan benar, memiliki kemampuan untuk memahami angka dan konsep logika yang bagus dan berguna untuk perkembangan selanjutnya.&#xD; Dalam penelitian ini rumusan maslah yang diajukan adalah apakah metode Index card Match dapat meningkatkan kemampuan membilang 1 sampai 10 anak didik kelompok A TK Muslimat NU Karanganyar Tahun pelajaran 2013/2014. Tujuannya adalah dengan penggunaan metode Index Card Match diharapkan dapat meningkatkan kemampuan membilang anak. Kegunaan penilitan adalah untuk menambah wawasan dan dapat menerapkan pembelajaran dalam upaya meningkatkan kemampuan membilang anak.&#xD; Jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yaitu suatu penelitian yang dilakukan di kelas dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Tknik pengumpulan datanya dengan observasi wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya dengan menggunakan analisis deskriptif yaitu dengan cara mendeskripsikan dan meninterpretasikan pelaksanaan kegiatan mencocokan kartu indeks dalam meningkatkan kemampuan membilang anak di dalam kelas.&#xD; Hasil penelitian dalam pelaksanaan kegiatan pada prasiklus indikator siswa atau anak yang mampu membilang 1 sampai 10 yaitu dari 23 anak ada 15 anak, disiklus 1 meningkat 17 anak dan pada siklus II mencapai 21 anak. Dan untuk indikator mampu mengurutkan benda sesuai angka pada prasiklus ada 17 anak, pada siklus I ada 19 dan pada siklus II 20 anak. Untuk indikator mampu mencontoh angka pada prasiklus ada 14 anak, pada siklus 1 ada 16 anak, pada siklus II ada 20 anak. Hal ini menunjukkan bahwa pada setiap pelaksanaan tindakan perbaikan dapat mencapai hasil yang terus meningkat dan mampu mencapai hasil yang optimal.</description><date>2015-01-13</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/196/1/1.COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/196/2/2.PERNYATAAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/196/3/3.NOTA%20DINAS.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/196/4/4.PENGESAHAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/196/5/9.DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/196/6/9.DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/196/7/10.BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/196/8/11.BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/196/9/12.BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/196/10/13.BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/196/11/14.BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/196/12/15.DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Fadlilah, Nur (2015) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBILANG 1 SAMPAI 10 ANAK DIDIK KELOMPOK A TK MUSLIMAT NU KARANGANYAR KECAMATAN TIRTO KABUPATEN PEKALONGAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014 MELALUI METODE INDEX CARD MATCH. Undergraduate thesis, STAIN Pekalongan. </identifier><relation>http://www.stain-pekalongan.ac.id/</relation><recordID>196</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Fadlilah, Nur
title UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBILANG 1 SAMPAI 10 ANAK DIDIK KELOMPOK A TK MUSLIMAT NU KARANGANYAR KECAMATAN TIRTO KABUPATEN PEKALONGAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014 MELALUI METODE INDEX CARD MATCH
publishDate 2015
topic 130101 Continuing and Community Education
130102 Early Childhood Education
130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified
url http://elc.stain-pekalongan.ac.id/196/1/1.COVER.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/196/2/2.PERNYATAAN.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/196/3/3.NOTA%20DINAS.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/196/4/4.PENGESAHAN.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/196/5/9.DAFTAR%20ISI.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/196/6/9.DAFTAR%20ISI.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/196/7/10.BAB%20I.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/196/8/11.BAB%20II.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/196/9/12.BAB%20III.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/196/10/13.BAB%20IV.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/196/11/14.BAB%20V.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/196/12/15.DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/196/
http://www.stain-pekalongan.ac.id/
contents Pendidikan anak usia dini adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. Maka dalam hal ini pendidik melakukan giatan mengenal angka untuk mengembangkan kognitif anak agar anak dapat berlatih membilang atau menghitung angka secara urut dan benar, memiliki kemampuan untuk memahami angka dan konsep logika yang bagus dan berguna untuk perkembangan selanjutnya. Dalam penelitian ini rumusan maslah yang diajukan adalah apakah metode Index card Match dapat meningkatkan kemampuan membilang 1 sampai 10 anak didik kelompok A TK Muslimat NU Karanganyar Tahun pelajaran 2013/2014. Tujuannya adalah dengan penggunaan metode Index Card Match diharapkan dapat meningkatkan kemampuan membilang anak. Kegunaan penilitan adalah untuk menambah wawasan dan dapat menerapkan pembelajaran dalam upaya meningkatkan kemampuan membilang anak. Jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yaitu suatu penelitian yang dilakukan di kelas dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Tknik pengumpulan datanya dengan observasi wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya dengan menggunakan analisis deskriptif yaitu dengan cara mendeskripsikan dan meninterpretasikan pelaksanaan kegiatan mencocokan kartu indeks dalam meningkatkan kemampuan membilang anak di dalam kelas. Hasil penelitian dalam pelaksanaan kegiatan pada prasiklus indikator siswa atau anak yang mampu membilang 1 sampai 10 yaitu dari 23 anak ada 15 anak, disiklus 1 meningkat 17 anak dan pada siklus II mencapai 21 anak. Dan untuk indikator mampu mengurutkan benda sesuai angka pada prasiklus ada 17 anak, pada siklus I ada 19 dan pada siklus II 20 anak. Untuk indikator mampu mencontoh angka pada prasiklus ada 14 anak, pada siklus 1 ada 16 anak, pada siklus II ada 20 anak. Hal ini menunjukkan bahwa pada setiap pelaksanaan tindakan perbaikan dapat mencapai hasil yang terus meningkat dan mampu mencapai hasil yang optimal.
id IOS2761.196
institution IAIN Pekalongan
institution_id 324
institution_type library:university
library
library Perpustakaan IAIN Pekalongan
library_id 236
collection STAIN Pekalongan Electronic Local Content
repository_id 2761
subject_area Agama
Ekonomi
Hukum
city PEKALONGAN
province JAWA TENGAH
repoId IOS2761
first_indexed 2016-10-05T06:44:18Z
last_indexed 2016-10-05T06:44:18Z
recordtype dc
_version_ 1765831021886963712
score 17.538404