ctrlnum 195
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/195/</relation><title>Pelaksanaan Program Remedial Pada Mata Pelajaran PAI Kelas XI SMK Nurul Ummah Paninggaran</title><creator>Nisfaruroh, .</creator><subject>130101 Continuing and Community Education</subject><subject>130103 Higher Education</subject><subject>130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development</subject><description>Pemberian program pembelajaran remedial dilandasi atas latar belakang bahwa pendidik perlu memperhatikan perbedaan individual peserta didik bukan sekedar melaksanakan ujian ulangan untuk memperbaiki nilai, tetapi merupakan suatu proses pembelajaran kembali pada materi yang belum dikuasai peserta didik, artinya stidak semua materi diremedialkan, tetapi hanya materi yang belum dikuasai peserta didik karena semua peserta didik belum tentu mengalami ketuntasan yang sama terhadap materi yang diajarkan. SMK Nurul Ummah Paninggaran telah dilaksanakan program Pengajaran Remedial sebagai bagian dari kegiatan proses belajar mengajar yang diselenggarakan di sekolah tersebut. Program pengajaran ini dijadikan sebagai salah satu program atau cara yang dapat meningkatkan prestasi belajar bagi siswa SMK Nurul Ummah Paninggaran dari segi prestasi belajarnya yang masih berada dibawah standar keberhasilan yang telah ditetapkan oleh guru sebelumnya, sehingga dengan diterapkannya program pengajaran remedial ini diharapkan dapat tercapai prestasi belajar yang maksimal, sesuai yang diharapkan oleh sekolah.&#xD; Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan program remedial pada mata pelajaran PAI kelas XI SMK Nurul Ummah Paninggaran?. Tujuan penelitian adalah untuk mengeksplorasi langkah awal pelaksanaan program remedial Pendidikan Agama Islam kelas XI di SMK Nurul Ummah Paninggaran dan untuk mengeksplorasi Pelaksanaan Program Remedial Pendidikan Agama Islam kelas XI di SMK Nurul Ummah Paninggaran. Kegunaan peneltiian adalah dapat memberikan masukan kepada guru atau calon guru bahwa dalam pengajaran remedial dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.&#xD; Jenis penelitian ini adalah studi lapangan (field research). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Sedangkan metode pengumpulan data dalam penelitian ini observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun dalam menganalisis data peneliti menggunakan analisis data kualitatif dengan metode induktif.&#xD; Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program pengajaran remedial Pendidikan Agama Islam di SMK Nurul Ummah Paninggaran Pekalongan dapat membantu siswa dalam mencapai KKM yang telah ditentukan, namun pada pelaksanaan pengajaran remedial tersebut guru belum melaksanakannya dengan baik yaitu masih belum sesuai dengan teori yang sudah ada dimana guru belum maksimal dalam mendiagosa siswa yang mengalami remedial sehingga bantuan / penanganan yang diberikan belum sesuai / maksimal.</description><date>2015-01-14</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/195/1/1.%20COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/195/2/2.%20PERNYATAAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/195/3/3.%20NOTA%20PEMBIMBING.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/195/4/4.%20PENGESAHAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/195/5/9.%20D%20A%20F%20T%20A%20R%20%20%20I%20S%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/195/6/10.%20BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/195/7/11.%20BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/195/8/12.%20BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/195/9/13.%20BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/195/10/14.%20BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/195/11/15.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Nisfaruroh, . (2015) Pelaksanaan Program Remedial Pada Mata Pelajaran PAI Kelas XI SMK Nurul Ummah Paninggaran. Undergraduate thesis, STAIN Pekalongan. </identifier><relation>http://www.stain-pekalongan.ac.id/</relation><recordID>195</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Nisfaruroh, .
title Pelaksanaan Program Remedial Pada Mata Pelajaran PAI Kelas XI SMK Nurul Ummah Paninggaran
publishDate 2015
topic 130101 Continuing and Community Education
130103 Higher Education
130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
url http://elc.stain-pekalongan.ac.id/195/1/1.%20COVER.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/195/2/2.%20PERNYATAAN.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/195/3/3.%20NOTA%20PEMBIMBING.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/195/4/4.%20PENGESAHAN.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/195/5/9.%20D%20A%20F%20T%20A%20R%20%20%20I%20S%20I.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/195/6/10.%20BAB%20I.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/195/7/11.%20BAB%20II.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/195/8/12.%20BAB%20III.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/195/9/13.%20BAB%20IV.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/195/10/14.%20BAB%20V.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/195/11/15.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/195/
http://www.stain-pekalongan.ac.id/
contents Pemberian program pembelajaran remedial dilandasi atas latar belakang bahwa pendidik perlu memperhatikan perbedaan individual peserta didik bukan sekedar melaksanakan ujian ulangan untuk memperbaiki nilai, tetapi merupakan suatu proses pembelajaran kembali pada materi yang belum dikuasai peserta didik, artinya stidak semua materi diremedialkan, tetapi hanya materi yang belum dikuasai peserta didik karena semua peserta didik belum tentu mengalami ketuntasan yang sama terhadap materi yang diajarkan. SMK Nurul Ummah Paninggaran telah dilaksanakan program Pengajaran Remedial sebagai bagian dari kegiatan proses belajar mengajar yang diselenggarakan di sekolah tersebut. Program pengajaran ini dijadikan sebagai salah satu program atau cara yang dapat meningkatkan prestasi belajar bagi siswa SMK Nurul Ummah Paninggaran dari segi prestasi belajarnya yang masih berada dibawah standar keberhasilan yang telah ditetapkan oleh guru sebelumnya, sehingga dengan diterapkannya program pengajaran remedial ini diharapkan dapat tercapai prestasi belajar yang maksimal, sesuai yang diharapkan oleh sekolah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan program remedial pada mata pelajaran PAI kelas XI SMK Nurul Ummah Paninggaran?. Tujuan penelitian adalah untuk mengeksplorasi langkah awal pelaksanaan program remedial Pendidikan Agama Islam kelas XI di SMK Nurul Ummah Paninggaran dan untuk mengeksplorasi Pelaksanaan Program Remedial Pendidikan Agama Islam kelas XI di SMK Nurul Ummah Paninggaran. Kegunaan peneltiian adalah dapat memberikan masukan kepada guru atau calon guru bahwa dalam pengajaran remedial dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah studi lapangan (field research). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Sedangkan metode pengumpulan data dalam penelitian ini observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun dalam menganalisis data peneliti menggunakan analisis data kualitatif dengan metode induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program pengajaran remedial Pendidikan Agama Islam di SMK Nurul Ummah Paninggaran Pekalongan dapat membantu siswa dalam mencapai KKM yang telah ditentukan, namun pada pelaksanaan pengajaran remedial tersebut guru belum melaksanakannya dengan baik yaitu masih belum sesuai dengan teori yang sudah ada dimana guru belum maksimal dalam mendiagosa siswa yang mengalami remedial sehingga bantuan / penanganan yang diberikan belum sesuai / maksimal.
id IOS2761.195
institution IAIN Pekalongan
institution_id 324
institution_type library:university
library
library Perpustakaan IAIN Pekalongan
library_id 236
collection STAIN Pekalongan Electronic Local Content
repository_id 2761
subject_area Agama
Ekonomi
Hukum
city PEKALONGAN
province JAWA TENGAH
repoId IOS2761
first_indexed 2016-10-05T06:44:18Z
last_indexed 2016-10-05T06:44:18Z
recordtype dc
_version_ 1765831021881720832
score 17.538404